PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG
Abstract
Abstract: The formulation of problem in this research is "Is there any influence of animated audio-visual media toward student's learning motivation on economic subjects of class X odd semester at SMA Negeri 6 Palembang year lesson 2012/2013", The research is experimental type True Experimental design with Posttest-Only Control Design with three treatments. In this study the population is all the students of class X SMA 6 Palembang that terdidri of 7 classes of academic year 2012/2013 with the number of students 224 students. The sample in this study was taken using simple random sampling technique and got two classes that is X_3 As the experiment class which amounted to 32 students and class X_2 as control class which amounted to 32 students. Data collection techniques were obtained using angkeet technique and observation. The statistic used to analyze data is using t-test with significant level (? ? 0,05). Based on animation analysis to student's learning motivation, where result of t-test show that t_ value (count) = 11,2> t_ (table) = 1,996 so that this research Ha accepted and Ho rejected that there is influence of audio-visual audio-based media to motivation student learning.
Abstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh media audio visual berbasis animasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X semester ganjil di SMA Negeri 6 Palembang tahun pelajaran 2012/2013’’, Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimental bentuk True Experimental design dengan Posttest-Only Control Design dengan perlakuan sebanyak tiga kali pertemuan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Palembang yang terdidri dar 7 kelas tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 224 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simple Random Sampling dan didapatlah dua kelas yaitu Sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan teknik angkeet dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu menngunakan uji-t dengan tingkat signifikan (? ? 0,05). Berdasarkan analisis animasi terhadap motivasi belajar siswa, dimana hasil uji-t menunjukan bahwa nilai 11,2 1,996 sehingga pada penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak yaitu terdapat pengaruh media audio visual berbasis animasi terhadap motivasi belajar siswa.Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Gury dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV.Pustaka Setia.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Ciputat: Gaung Persada(GP) Press
Kristina, Heni.2010.Pengaruh Penerapan Program Macromedia Flash Sebagai Media Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Palembang. Skripsi Indralaya. FKIP Universitas Sriwjaya.
Madcoms.2011.Adobe Premiere Pro CS 5.5 Untuk Pemula. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Puspitosari, Heni A. 2010 Membuat Presentasi Multimedia Tingkat Lanjut. Yogyakarta: PT. Skripta Media Creative.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, Arief, dkk. 2010. Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT.Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sadirman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Article Statistic
Abstract view : 795 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 1859 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Wahyu Ramadhona, Yulia Djahir, Ikbal Barlian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.