PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN TEKNIK PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI TANJUNG RAJA

Winda Novlina Sinaga, Muhammad Djahir Basir, Rusmin AR

Abstract


Abstrak: The formulation of the problem in this research is how is the influence of inquiri model of learning with pictorial riddle technique to the activity and motivation of student learning on economic subjects of SMA Negeri 2 Tanjung Raja. The purpose of this research is to know the influence and how the influence of inquiri model of learning with pictorial riddle technique to the liveliness and motivation of student learning on economic subjects of SMA 2 Tanjung Raja. The population in this study is the number of all students class X IPS, amounting to 44 students consisting of two classes of class X IPS 1 and X IPS 2 in the academic year 2013/2014. Sample selection was taken by using purposive sampling technique and obtained X IPS 2 as a sample of research which amounted to 23 students. This research uses Pre-Experimental Design research method of one-shot case study. Data collection techniques in this study using Observation and Questionnaire. Observation is used to measure activity while questionnaire is used to measure motivation through observation sheet and questionnaire. From the results of hypothesis testing active t_ (count) = 54.32>t_tabel = 0.686 and motivation hypothesis t_hitung>t_table = 0.686 This shows that there is influence of inquiri model of learning with pictorial riddle technique to the liveliness and motivation of student learning on economic subjects SMA Negeri 2 Tanjung Raja and the process of applying the model proved to generate activeness with very active criteria and motivation with very high criteria.

Abstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah bagaimana pengaruh model pembelajaran inquiri dengan teknik pictorial riddle terhadap keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan bagaimana pengaruh model pembelajaran inquiri dengan teknik pictorial riddle terhadap keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA 2 Tanjung Raja. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 44 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X IPS 1 dan X IPS 2 pada tahun pelajaran 2013/2014. Pemilihan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling  dan di peroleh X IPS 2 sebagai sampel penelitian yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-Experimen Design bentuk one-shot case study. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi dan Angket . Observasi digunakan untuk mengukur keaktifan sedangkan angket digunakan untuk mengukur motivasi melalui lembar observasi dan lembar angket. Dari hasil pengujian hipotesis keaktifan diperoleh  =0,686 dan hipotesis motivasi  = 0,686 Hal in i menujukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiri dengan teknik pictorial riddle terhadap keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 2 Tanjung Raja dan proses penerapan model tersebut terbukti membangkitkan keaktifan dengan kriteria aktif sekali dan motivasi dengan kriteria sangat tinggi.

Keywords


Model Pembelajaran Inquiry, Pictorial Riddle, Keaktifan Belajar, dan Motivasi Belajar

References


Amri, Sofan dan Ilif Khoiru Ahmad. 2010 Proses Pembelajaran Kreaktif dan Inovatif dalam kelas. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto .2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prkatik. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Hanafih, Nanag dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Kardi dan Nur .2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar.2006. Strategi Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo.

Mulyono, Anton M. 2009. Aktivitas Siswa. Jakarta : Raja Grafindo

Rahardja dan Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: FE UI

Riduwan.2010. Belajar Muda Penelitian. Bandung: Alfabeta

Roestiyah, NK.2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya.2006. Proses Belajar Kreatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Sardiman.2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers

Sardiman, Arief S, dkk.2009. Media Pembelajaran: Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali Pers

Sardiman, N, dkk. 1989. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Karya

Sumiati.2007. Keaktifan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sund. 1993. Model Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sukimo.2010. Ilmu Ekonomi. Jakarta: Grafindo

Toeti dan Winaputra 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Triyanto.2010. Model-model pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v1i2.5610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

 INDEXED BY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Flag Counter View My Stats