ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA SRIGUNA PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Zahruddin Hodsay, Lia Oktasari

Abstract


Abstract: The financial statements are written reports that provide information on the company's financial statements for a certain period. The problem in this study is "how is the understanding of students in preparing financial statements on economic subjects in SMA Sriguna Palembang year lesson 2013/2014?". The purpose of this study to determine the understanding of students in preparing financial statements on economic subjects in SMA Sriguna Palembang year lesson 2013/2014. The research method used is descriptive quantitative method. The population of the study were students of class XI IPS of 119 people. Determination of sample with siinpel random sampling that class XI IPS 1 and XI IPS 3 which amounted to 79 people. This data collection is done by documentation and test techniques. From the analysis of data can be seen that the results of students who understand 49 students with a percentage of 62.03%, students who get the value with the category of understand a number of 18 students with a percentage of 22.78%, students who get the value with the category enough to understand a number of 4 people with a percentage of 8.86%, while students who scored under the category of less than 4 people with a percentage of 5.07% and students who scored in categories not understood amounted to 1 person with a percentage of 1.26%. Based on the research result, it is concluded that the average of the students 'understanding of class XI IPS SMA Sriguna Palembang in preparing the financial statements in the subjects of economics year 2013/2014 of 85.02%, the researcher concludes that the students' understanding in completing the financial statements of accounting services company in SMA Sriguna Palembang belongs to the Understanding category.

Abstrak: Laporan keuangan adalah laporan tertulis yang memberikan informasi laporan keuangan perusahaan pada periode tertentu. Masalah dalam penelitian ini adalah "bagaimanakah pemahaman siswa dalam menyusun laporan keuangan pada mata pelajaran ekonomi di SMA Sriguna Palembang tahun pelajaran 2013/2014?". Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman siswa dalam menyusun laporan keuangan pada mata pelajaran ekonomi di SMA Sriguna Palembang tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS sebanyak 119 orang. Penentuan sampel dengan siinpel random sampling yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 yang berjumlah 79 orang. Pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik dokumentasi dan tes. Dari analisa data dapat diketahui bahwa hasil siswa yang sangat paham sebanyak 49 siswa dengan persentase sebesar 62,03%, siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori paham sejumlah 18 siswa dengan persentase sebesar 22,78%, siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori cukup paham sejumlah 4 orang dengan persentase sebesar 8,86%, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori kurang paham sejumlah 4 orang dengan persentase sebesar 5,07% dan siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori sangat tidak paham berjumlah 1 orang dengan persentase sebesar 1,26%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan rata-rata pemahaman siswa kelas XI IPS SMA Sriguna Palembang dalam menyusun laporan keuangan pada mata pelajaran ekonomi tahun pelajaran 2013/2014 sebesar 85,02%, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa pemahaman siswa dalam menyelesaikan laporan keuangan akuntansi perusahaan jasa di SMA Sriguna Palembang termasuk kategori Paham.

Keywords


Laporan Keuangan, Pelajaran Ekonomi

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2010.Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hery. 2011. Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Bandung: Alfabeta.

Kardiman. 2010. Accounting for Senior High School Year XI I. Jakarta: Yudhistira.

Mulyasa. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusdianto. 2009. Pengantar Akuntansi. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Samryn. 2011. Pengantar Akuntansi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sujidono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiri & Riyono. 2008. Pengantar Akuntansi. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v1i2.5611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter