• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 TANJUNG RAJA | Hamid | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 TANJUNG RAJA

    Abdul Hamid(1*), Riswan Jaenudin(2), Dewi Koryati(3)
    (1) 
    (2) 
    (3) 
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v5i1.5632

    Abstract

    Abstract : This study aims to know the character values of the students in economic learning at SMAN 2 Tanjung Raja. The method in this study is descriptive.Subjectsin this study are 51 students from class X IPS 2 andXI IPS 3. The technique of data collection used questionnaire and interview as the primary method, observation and documentation as the secondary method. The result of this study showed character values of the students in economic learning at SMAN 2 Tanjung Raja that high category with the average score of 3.7. There are five character values developed through learning by economic teacher. Character honest students showed the average score of 3.7 which classified in high category. Character discipline students showed the average score of 3.7 which classified in high category. Character curiosity of students showed the average score of 4.0 which classified in high category. Character social care students showed the average score of 3.6 which classified in high category. Character responsibility of students showed the average score of 3.6 which classified in high category. Furthermore, they find a way of teachers in developing the character values of students through the economic learning at SMAN 2 Tanjung Raja by putting motivational words in examination sheet like honesty is more valuable than the value without the honesty, the consequences of giving extra score and stars when the students obeying rules and giving punishment separate study of friends if they break the rules, active learning model, ice breaking, visiting sick friends, and spritual cleansing.

    Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuinilai-nilai karaktersiswa pada pembelajaran ekonomi di SMAN 2 Tanjung Raja.Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X IPS 2 dan kelas XI IPS 3 yang berjumlah 51 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan wawancara sebagai metode primer, dan observasi dan dokumentasi sebagai metode sekunder. Hasil penelitian diperoleh nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran ekonomi di SMAN 2 Tanjung Raja berada pada kategori tinggidengan nilai rerata 3,7. Terdapat 5 nilai karakter yang dikembangkan melalui pembelajaran oleh guru ekonomi. Karakter jujur siswa menunjukkan nilai rerata 3,7 yang termasuk pada kategori tinggi. Karakter disiplin siswa menunjukkan nilai rerata 3,7 yang termasuk pada kategori tinggi. Karakter rasa ingin tahu siswa menunjukkan nilai rerata 4,0 yang termasuk pada kategori tinggi. Karakter peduli sosial siswa menunjukkan nilai rerata 3,6 yang termasuk pada kategori tinggi. Karakter tanggung jawab siswa menunjukkan nilai rerata 3,6 yang termasuk pada kategori tinggi. Selanjutnyaditemukan cara guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa melalui pembelajaran ekonomi di SMAN 2 Tanjung Raja dengan tulisan motivasi di lembar ujian seperti jujur itu lebih bernilai daripada nilai tanpa kejujuran, konsekuensi-konsekuensi berupa pujian angka dan bintang jika mematuhi aturan dan hukuman belajar terpisah dari temannya jika melanggar aturan, model pembelajaran yang aktif, memecah kejenuhan, menjenguk teman sakit, dan memberikan siraman rohani.

    Keywords


    Nilai-nilai karakter siswa, pembelajaran ekonomi

    References


    Asrori, Mohammad. 2011. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

    Azwar, Saefudin. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Budiwati, Neti dan Leni Permana. 2010. Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Bandung: Laboratorium Pendidikan Ekonomi dan Koperasi UPI.

    Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

    Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem PendidikanNasional. Jakarta: B.P. Dharma Bhakti.

    ___________. 2007. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Ekonomi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

    Fatimah, Siti. 2013. Pengintegrasian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Forum Sosial, Vol. VI, No. 02.

    Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 59 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    ___________. 2014. Pedoman Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional.

    Kurniawan, Yudha dan Tri Puji Hindarsih. 2013. Character Building: Membangun Karakter Menjadi Pemimpin. Yogyakarta: Pro-U Media.

    Matta, Muhammad Anis. 2006. Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I’tishom.

    Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

    Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    Sitohang, Wina Fretty. 2012. Analisis Pengintegrasian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Palembang. Skripsi. Indralaya: FKIP Universitas Sriwijaya.

    Sudewo, Erie. 2011. Best Practice Character Building: Menuju Indonesia Lebih Baik. Jakarta: Republika Penerbit.

    Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

    Wiyani, Novan Ardy. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Pedagogi


    Article Statistic

    Abstract view : 1820 times
    PDF views : 3549 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Abdul Hamid, Riswan Jaenudin, Dewi Koryati

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.