PERBANDINGAN PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DENGAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 TANJUNG RAJA
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh strategi pembelajaran Index Card Match dengan Giving Questions and Getting Answers terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Adapun rumusan masalah yaitu “apakah terdapat perbedaan pengaruh strategi pembelajaran Index Card Match dengan Giving Questions and Getting Answers terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tanjung Raja”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan desain completely randomized design, dengan bentuk pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan X 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi ganda dan korelasi parsial. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu anova satu jalan dan diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh strategi Index Card Match dengan Giving Questions and Geting Answers terhadap hasil belajar peserta didik.
Keywords
References
Adji, dkk. 2007. Ekonomi SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Fathurrohman & Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Refika Aditama
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo
Said dan Budimanjaya. 2015.95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences.Jakarta : Kencana.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media
______, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media
Silberman. 2013. Active Learning : 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif. Bandung : Nuansa Cendikia.
Silberman, Mel. 2007. Handbook Experiential Learning Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata. Bandung : Nusa Media.
Yulia. 2015. Perencanaan dan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Talenta Indonesia Mandiri (TIM).
Zaini, Munthe, & Aryani. 2008. Strategi Pembelajaaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Article Statistic
Abstract view : 805 timesPDF views : 464 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Laila Eprilia, Siti Fatimah, Dewi Koryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.