PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA
Abstract
Abstrak : Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Group To Group Exchange berbantuan Lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu“apakah ada pengaruh model pembelajaran Group To Group Exchange Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya?”. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Indralaya dengan menggunakan jenis penelitian bentuk eksperimen pre experimental design dengan rancangan penelitian One Group Pretest- Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS di SMA Negeri 1 Indralaya. Sampel penelitian menggunakan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sehingga terpilih kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu korelasi product moment danthitung? ttabel. Hasil penelitian diperoleh nilai t sebesar 14,31 dimana berarti thitung> ttabel yaitu 14,31> 1,670 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Group To Group Exchange berbantuan Lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Adapun kendala dalam penelitian ini pada saat menerapkan model pembelajaran Group To Group Exchange yaitu pada saat pembagian kelompok peserta didik kurang teratur dalam memposisikan tempat duduk mereka karena pembagian kelompok dibagi secara random dan saling bertukar tempat duduk.
Keywords
References
mbarjaya, Bani. 2012. Psikologi Pendidikan & Pengajaran: Teori & Praktek. Yogyakarta: CAPS.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta..
Ayuni, Rahayu. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) dengan Word Webs untuk meningkatkan keterampilan berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 1 Lampung. Skripsi. Lampung: FKIP Universitas Lampung.
Dharyani, Dani. (2010). 101 Cara Pelatihan dan Pembelajaran Aktif. Jakarta: Indeks.
Depdiknas.(2013). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Hardiawati, yovita. (2013). Pembelajaran Aktif 101 Cara Siswa Belajar Aktif. Jakarta: Indeks.
Hisyam Zaini, Bermawy Muthe, dan Sekar Ayu Aryani. (2016). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Kemendikbud. (2013). Buku Panduan Guru Muatan Kebanksentralan Ekonomi SMA/MA Disusun Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Rusman.(2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Silberman, Melvin L. (2016). Active learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (alih bahasa : Raisul Muttaqien). Bandung: Nuansa Cendekia
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Warsono dan Hariyanto. (2016). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya
Article Statistic
Abstract view : 800 timesPDF views : 2379 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Hellen Rahayu, Siti Fatimah, Rusmin AR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.