PENGARUH IKLIM KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN3 TANJUNG RAJA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X di SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana didapat hitung ? dari ?tabel yaitu sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, kemudian dengan uji korelasi product moment didapat nilai r = 0,3786 dengan kategori cukup mempengaruhi. Koefisien determinan menunjukkan sumbangan iklim kelas terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 14,01% selebihnya dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain, dan dapat disimpulkan hubungan antara kedua variabel adalah signifikan. Maka disarankan bagi pihak sekolah dan khusunya guru mata pelajaran ekonomi untuk dapat menciptakan iklim kelas yang kondusif dan nyaman sehingga peserta didik merasa tenang dan betah untuk belajar hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. dengan guru maupun dengan sesama peserta didik.
Keywords
References
Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media
Dimyati & Mudjiono. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Endrayanto, Herman Yosesp Sunu. (2015). Ekonomi Kelas X SMA. Yogyakarta: Kanisius
Hadiyanto. (2016). Teori & Pengembangan Iklim Kelas & Iklim Sekolah. Jakarta: Prenada Media Grup.
Karwati, Euis. & Priansa, Donni. Juni. (2015). Manajemen Kelas (Classroom Management). Guru Profesional yang Inspiratif , Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Permendikbud. (2016). Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Rahmi, Rafika & Salim, Rose. Mini. Agoes. (2017). Peran Perlibatan Diri Siswa Sebagai Mediator dalam Hubungan Antara Iklim Kelas dengan Sikap Kreatif Siswa SD Sekolah Alam. Jurnal Psikolog Undip Vol.16 No 1 April 2017,77-87: Universitas Diponegoro
Rosyidi, Suherman. (2014). Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro & Makro. Jakarta: Rajawali Pers.
Silalahi, Juniman. (2008).Pengaruh Iklim Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Pembelajaran Volume 30 No. 02: Universitas Negeri Padang Press.
Tarmidi. (2006).“Iklim Kelas dan Prestasi Belajar”. Jurnal. Fakultas Kedokteran USU.
Uno, Hamzah. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksara.
Yamin, Martinis. (2011). Kiat membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada
Article Statistic
Abstract view : 4298 timesPDF views : 7768 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Dewi Permata Sari, Rusmin AR, Deskoni deskoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.