PENGARUH IKLIM KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN3 TANJUNG RAJA

Dewi Permata Sari, Rusmin AR, Deskoni deskoni

Abstract


Abstract: This Studi aims to determine the Influence of Climate Class on Student Learning Motivation on the Subject of Economics in SMA Negeri 3 Tanjung Raja. This research uses quantitative approach with type of associative research. The population of this research is all of class X in SMA Negeri 3 Tanjung Raja. The sample was determined using cluster random sampling. Data collection techniques used questionnaires with likert scale model. Technique of data analysis using simple linier reqression obtained ?count ? from ?tabel that so Ho rejected and Ha accepted , then with product moment correlation test got value r = 0,3786 with enough influence category. The determinant coefficient shows the contribution of class climate to the learners motivation of 14,01% the rest is influenced by other factors or variables, and it can be concluded the relationship between the two variables is significant. So, it is advisable for the school and especially teachers economic subjects to be able to create a conducive class climate and comfortable so that learners feel calm and comfortable to learm it aims to improve motivation learners learners.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X di SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana didapat hitung ? dari ?tabel yaitu sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, kemudian dengan uji korelasi product moment didapat nilai r = 0,3786 dengan kategori cukup mempengaruhi. Koefisien determinan menunjukkan sumbangan iklim kelas terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 14,01% selebihnya dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain, dan dapat disimpulkan hubungan antara kedua variabel adalah signifikan. Maka disarankan bagi pihak sekolah dan khusunya guru mata pelajaran ekonomi untuk dapat menciptakan iklim kelas yang kondusif dan nyaman sehingga peserta didik merasa tenang dan betah untuk belajar hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. dengan guru maupun dengan sesama peserta didik.

Keywords


Iklim Kelas, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Dimyati & Mudjiono. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Endrayanto, Herman Yosesp Sunu. (2015). Ekonomi Kelas X SMA. Yogyakarta: Kanisius

Hadiyanto. (2016). Teori & Pengembangan Iklim Kelas & Iklim Sekolah. Jakarta: Prenada Media Grup.

Karwati, Euis. & Priansa, Donni. Juni. (2015). Manajemen Kelas (Classroom Management). Guru Profesional yang Inspiratif , Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Permendikbud. (2016). Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Rahmi, Rafika & Salim, Rose. Mini. Agoes. (2017). Peran Perlibatan Diri Siswa Sebagai Mediator dalam Hubungan Antara Iklim Kelas dengan Sikap Kreatif Siswa SD Sekolah Alam. Jurnal Psikolog Undip Vol.16 No 1 April 2017,77-87: Universitas Diponegoro

Rosyidi, Suherman. (2014). Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro & Makro. Jakarta: Rajawali Pers.

Silalahi, Juniman. (2008).Pengaruh Iklim Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Pembelajaran Volume 30 No. 02: Universitas Negeri Padang Press.

Tarmidi. (2006).“Iklim Kelas dan Prestasi Belajar”. Jurnal. Fakultas Kedokteran USU.

Uno, Hamzah. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. (2011). Kiat membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter