PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 PAGAR ALAM
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran means-ends analysis menggunakan media video terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Pagar Alam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan desain pre-experimental design dengan bentuk pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 3 Pagar Alam. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan terpilih kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris dengan rumus regresi sederhana dan uji t dan diperoleh Fhitung > Ftabel serta thitung > ttabel maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran means-ends analysis menggunakan media video terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Pagar Alam. Saran dalam penelitian ini, guru harus dapat mengkondisikan kelas pada saat kegitan berdiskusi sedang berlangsung, guru juga harus selalu membimbing peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dalam kegiatan diskusi. Selain itu, dalam menerapkan model pembelajaran means-ends analysis menggunakan media video guru mata pelajaran juga harus membimbing peserta didik dalam membuat simpulan pada saat presentasi kelompok.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azhar, Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Djahir,Yulia. (2015). Perencanaan dan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Talenta Indonesia Mandiri.
Hamalik , Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juanda., Johar,R., & Ikhsan,M. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif. 5(2): 108
Kusumayanti, Ni Pt Ari., Dantes,Nym., & Arcana,Nym. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan Setting Belajar Kelompok terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD. 1: 3
Mu’allimin. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Skripsi. Inderalaya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.
Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. (2004). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmasari, Gartika & Rita Rismiati. (2013). e-Learning Pembelajaran Jarak Jauh untuk SMA. Bandung: Yrama Widya.
Sadirman. (2007). Interaksi Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sagala. Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Warsono & Hariyanto. (2014). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Article Statistic
Abstract view : 2221 timesPDF views : 4406 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Yessi Novita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.