PENGARUH TINGKAT EKONOMI RUMAH TANGGA DAN TINGKAT PENDIDIKAN LINGKUNGAN BERMAIN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN SEKOLAH SISWA KELAS IX SMPN 1 KARANGREJO
Abstract
In this study, students of class IX SMPN 1 Karangrejo who are in rural school environment and precisely in mountainous environment have a tendency to not continue to the next school by reason of geographical area. This is known by the large number of school-aged children who only graduated in the junior secondary level. The phenomenon is somewhat indisputable with some students who still continue to high school in Karangrejo subdistrict with a number that is not much. In this study the formulation of the problems to be sought to pursue the scope of the study are: How Influence of Household Economy Level on Interest Continuing School Students Class IX SMPN 1 Karangrejo? How Does the Level of Environmental Education Play to Interest Continuing School Students Class IX SMPN 1 Karangrejo? How Influence Household Economic Level and Level of Environmental Education Play to Interest Continuing School Students Class IX SMPN 1 Karangrejo? The research method used is quantitative, the instrument of this study is a questionnaire, the population of this study students class IX SMPN 1 Karangrejo, sample research as many 66 students. The analysis used is linear regression with hypothesis analysis is t test and F test. There is Effect of Household Economy Level on Interest Continuing School Students Class IX SMPN 1 Karangrejo. There is no effect of Level of Environmental Education Playing to the Interest Continuing School Students Class IX SMPN 1 Karangrejo. There is Influence of Household Economy Level and Level of Environmental Education Playing to Interest Continuing School Student Class IX SMPN 1 Karangrejo.
Abstrak
Dalam penelitian ini, siswa kelas IX SMPN 1 Karangrejo yang berada pada lingkungan sekolah pedesaan dan tepatnya pada lingkungan pegunungan memiliki kecenderungan untuk tidak melanjutkan ke jenjang sekolah berikutnya dengan alasan geografis wilayah. Hal ini diketahui dengan masih banyaknya anak usia sekolah yang hanya lulus pada jenjang menengah pertama. Fenomena tersebut sedikit terbantahkan dengan beberapa siswa yang masih melanjutkan ke sekolah menengah atas di kecamatan Karangrejo dengan jumlah yang tidak banyak.Dalam penelitian ini rumusan masalah yang akan dicari guna mengerucutkan cakupan penelitian adalah: Bagaimana Pengaruh Tingkat Ekonomi Rumah Tangga terhadap Minat Melanjutkan Sekolah Siswa KelasIX SMPN 1 Karangrejo?Bagaimana Tingkat Pendidikan Lingkungan Bermain terhadap Minat Melanjutkan Sekolah Siswa KelasIX SMPN 1 Karangrejo?Bagaimana Pengaruh Tingkat Ekonomi Rumah Tangga dan Tingkat Pendidikan Lingkungan Bermain terhadap Minat Melanjutkan Sekolah Siswa KelasIX SMPN 1 Karangrejo? Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, instrument penelitian ini adalah angket, populasi penelitian ini siswa kelas IX SMPN 1 Karangrejo, sampel penelitian sebanyak 66 siswa.Analisis yang digunakan adalah regresi linier dengan analisis hipotesis adalah uji t dan uji F. Terdapat Pengaruh Tingkat Ekonomi Rumah Tangga terhadap Minat Melanjutkan Sekolah Siswa KelasIX SMPN 1 Karangrejo.Tidak terdapat pengaruh Tingkat Pendidikan Lingkungan Bermain terhadap Minat Melanjutkan Sekolah Siswa KelasIX SMPN 1 Karangrejo.Terdapat Pengaruh Tingkat Ekonomi Rumah Tangga dan Tingkat Pendidikan Lingkungan Bermain terhadap Minat Melanjutkan Sekolah Siswa KelasIX SMPN 1 Karangrejo.
Keywords
References
Afiyati & Rachmawati.2014. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam RisetKeperawatan. Jakarta: Rajawali Pers.
Akbar, Sa’dun dan Hadi Sriwiyana.2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Yogyakarta: Cipta Media.
Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya
Daryanto. 2009 Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Laporan Penelitian: UNY.
Hadi et, al. 2018. The Happiness Index As a Complement New Indicators of Measurement of Development Results: Its application to each province in Indonesia. Faculty of Economics and Business, Brawijaya University
Hasbullah, 2006. Elementary Sampling Theory. Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs, N.J.
Hermawan. 2009.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Semarang: Widya Karya
Poerwadarminta, 2014 Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta : PT Indeks.
Sardiman AM. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sukmadinata, S. 2009, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Article Statistic
Abstract view : 442 timesPDF views : 359 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Uci Sulistiyani, Nafik Umurul Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.