PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI BERBASIS PEMBELAJARAN KOLABORATIF

Edutivia Mardetini, Siti Fatimah, Dian Eka Amrina

Abstract


Abstract
The problem formulated is how the validity, and practicality of practical colaborative teaching-based accounting practice. As for the purpose of this study is to describe the level of validity, and practicality of materials accounting practice course -based collaborative learning. This type of research is Research & Development (R & D) by Borg & Gall. Population in this study all students of economic education academic year 2017-2018. The sample of research that is students Indralaya class which take Accounting Practice course that amounts to 45 students. Data collection techniques used were questionnaires and tests of learning outcomes. With a validity test 91.67% obtained from the material experts and 90% of linguists who showed the results of both valid categorized vallidators. Then from the test practically obtained results stating that this resource is practically used to understand the material of accounting practice. Thus the development of cooperative learning materials based on collaborative learning accounting is valid and practical use in lectures activities.


Abstrak
Permasalahan yang dirumuskan adalah bagaimanakah validitas, dan kepratisan bahan ajar praktikum akuntansi berbasis pembelajaran kolaboratif. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat validitas, dan kepraktisan bahan ajar pratikum akuntansi berbasis pembelajaran kolaboratif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Research & Development (R&D) oleh Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi semester ganjil tahun akademik 2017-2018. Dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Praktikum Akuntansi kelas Indralaya yang berjumlah 45 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Dengan uji kevalidan diperoleh 91,67% dari ahli materi dan 90% dari ahli bahasa yang menunjukkan hasil kedua vallidator terkategori valid. Kemudian dari uji kepaktisan diperoleh hasil yang menyatakan bahwa bahan ajar ini praktis digunakan untuk memahami materi praktikum akuntansi. Dengan demikian pengembangan bahan ajar praktikum akuntansi berbasis pembelajaran kolaboratif bersifat valid, dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan perkuliahan.

Keywords


Bahan Ajar, Praktikum Akuntansi, Pembelajaran Kolaboratif.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Depdiknas. 2008b. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kerja Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Jumadi, dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Susan Loucks-Horsley. Jurnal kependidikan Universitas Negeri Yogyalarta. 44: 15-25

Johnson ae al. 2012. Collaborative Learning. Bandung: Nusamedia.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: @kademia.

Martadipura, Bambang Avip Priatna. 2008. Ujicoba instrumen penelitian menggunakan ms.excel dan SPSS. Makalah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Tidak dipublikasikan.

Mbulu, J dan Suhartono. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Elang Mas.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogakarta: Diva Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta : Erlangga.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, N. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukmadinata, Nana S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya;

Wijaya, Cece,.dkk. 1988. Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remadja Karya.

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v5i2.6601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter