PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA
Abstract
This study aimed to prove the effect of Classroom Management on Student Learning Motivation on Economics Subjects in SMA Negeri 1 Tanjung Raja. The Population of this study ware all classes X IIS in SMA Negeri 1 Tanjung Raja. The Sample of this study ware 28 students of X IIS class as the experimental grup chosen by using Cluster Random Sampling. To collect the data, observation, questionnaires and interview were used. Technique analysis of observation data using the formula percentage, obtained grade management average 93.75%. Technique of analysis of questionnaire data obtained by 70,40% with good criterion. Hypothesis test results obtained Fhitung ? Ftabel or 25.18 ? 4.22. This indicates that there is influence of classroom management on learning motivation of learners on economic subjects in SMA Negeri 1 Tanjung Raja. From the results of this study, teacher have to be moreunderstand of learning condition which is not optimal yet, in accordance with the situation in the process of learning in the classroom, so that learners are more interested in learning
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IIS di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Pengambilan sampel penelitian menggunakan Cluster Random Sampling, terpilih kelas X IIS 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus persentase diperoleh rerata manajemen kelas 93,75 % masuk dalam kriteria penilaian sangat baik. Teknik analisis data angket diperoleh sebesar 70,40% dengan kriteria penilaian baik. Hasil uji hipotesis diperoleh Fhitung ? Ftabelatau25,18 ? 4,22. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Dari hasil penelitian ini, guru harus dapat lebih memahami kondisi belajar yang kurang optimal, yang sesuai dengan situasi dalam proses pembelajaran di kelas, agar peserta didik lebih tertarik pada pembelajaran.
Keywords
References
Danim, Sudarwan & Danim, Yunan. (2011). Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: CV Pustaka Setia
Dimyati & Mudjiono.(2013).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain,Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri.(2010). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Khofifah, Nur. (2016). Pengaruh Manajemen Kelas dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Surakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
Mudyahardjo,Redja.(2014).Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers
Priansa,Donni Juni.(2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta
Suwardi & Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media
Uno, Hamzah. (2016).Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wiyani, Novan Ardy. (2016).Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Article Statistic
Abstract view : 618 timesPDF views : 1131 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sapta Melinda, Siti Fatimah, Dewi Koryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.