PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA

Sapta Melinda, Siti Fatimah, Dewi Koryati

Abstract


Abstract
This study aimed to prove the effect of Classroom Management on Student Learning Motivation on Economics Subjects in SMA Negeri 1 Tanjung Raja. The Population of this study ware all classes X IIS in SMA Negeri 1 Tanjung Raja. The Sample of this study ware 28 students of X IIS class as the experimental grup chosen by using Cluster Random Sampling. To collect the data, observation, questionnaires and interview were used. Technique analysis of observation data using the formula percentage, obtained grade management average 93.75%. Technique of analysis of questionnaire data obtained by 70,40% with good criterion. Hypothesis test results obtained Fhitung ? Ftabel or 25.18 ? 4.22. This indicates that there is influence of classroom management on learning motivation of learners on economic subjects in SMA Negeri 1 Tanjung Raja. From the results of this study, teacher have to be moreunderstand of learning condition which is not optimal yet, in accordance with the situation in the process of learning in the classroom, so that learners are more interested in learning

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IIS di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Pengambilan sampel penelitian menggunakan Cluster Random Sampling, terpilih kelas X IIS 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus persentase diperoleh rerata manajemen kelas 93,75 % masuk dalam kriteria penilaian sangat baik. Teknik analisis data angket diperoleh sebesar 70,40% dengan kriteria penilaian baik. Hasil uji hipotesis diperoleh Fhitung ? Ftabelatau25,18 ? 4,22. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Dari hasil penelitian ini, guru harus dapat lebih memahami kondisi belajar yang kurang optimal, yang sesuai dengan situasi dalam proses pembelajaran di kelas, agar peserta didik lebih tertarik pada pembelajaran.

Keywords


Manajemen Kelas, Motivasi Belajar Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarwan & Danim, Yunan. (2011). Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: CV Pustaka Setia

Dimyati & Mudjiono.(2013).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain,Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri.(2010). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Khofifah, Nur. (2016). Pengaruh Manajemen Kelas dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Surakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mudyahardjo,Redja.(2014).Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers

Priansa,Donni Juni.(2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta

Suwardi & Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media

Uno, Hamzah. (2016).Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Wiyani, Novan Ardy. (2016).Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v5i2.6605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter