PENGARUH MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA

Ester Ayunitias(1*), Siti Fatimah(2), Rusmin AR(3)
(1) Alumni FKIP Universitas Sriwijaya
(2) FKIP Universitas Sriwijaya
(3) FKIP Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v6i1.7874

Abstract

Abstract
The title of this research is The influence of school library management on reading interest of students in economic subject at SMA N.1 Nort Indralaya. The purpose of this research is to prove the influence of library management on reading interest of students in economic subject at SMA N.1 North Indralaya. The population of this research is all of XI IPS class at SMA N.1 North Indralaya. For sampling research used Cluster Random Sampling and selected XI IPS 1 class with 29 students. The data were collected by questionnaire and observation techniques. The result of this research showed that the school library management included good criteria. This is looking from the observation result of six assessment aspects are library collection, facilities & infrastructures, library services, library worker, and implementation & management. The data analysis used percentage formula with the result 85% with good criteria. Besides that, the data analysis of questionnaire used simple linear regression test obtained Fhitung bigger than Ftabel is 7,16?4,21so that, Ho rejected and Ha accepted, it’s mean that there is influences in economic subject. The suggestion for library managers should be improve the collect management, library facilities, and human resource management to increase the students interested on reading class, especially for economic subject.

Abstrak
Penelitian ini berjudul pengaruh manajemen perpustakaan sekolah terhadap minat baca peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh manajemen perpustakaan sekolah terhadap minat baca peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas XI IPS1 dengan jumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen perpustakaan sekolah dengan kriteria baik. Hal ini terlihat dari hasil observasi dengan keenam aspek penilaian yaitu koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan. Teknik analisis data menggunakan persentase, sehingga di dapat rerata 85% dengan kriteria baik. Sedangkan untuk hasil angket teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana didapat Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 7,16?4,21 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh manajemen perpustakaan sekolah terhadap minat baca peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Disarankan pengelola perpustakaan harus meningkatkan manajemen perpustakaan sekolah baik dari manajemen koleksinya, fasilitas perpustakaan, maupun manajemen sumber daya manusianya agar dapat meningkatkan minat baca peserta didik khususnya pada mata pelajaran ekonomi.

Keywords


Manajemen Perpustakaan Sekolah, Minat Baca

References


Amrin, A.M. (2009). Cara Belajar Cerdas dan Efektif, Bukan Keras dan Melelahkan. Jogjakarta: Garailmu.

Bafadal, Ibrahim. (2011). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Kemendikbud. (2014). Buku Guru Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Kemendikbud.

Laily, Nur. & Pristyadi, Budiyono. (2013). Teori Ekonomi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muhammad, Nur. (2008). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS Di SMAN 02 Batu. Skripsi. Malang: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Prasetyono, D.S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Jogjakarta: Think.

Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan. Jakarta

Republik Indonesia. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta

Riyanto. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Komputer. Bandung: Fokus Media.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Siswanto. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutarno. (2006). Manajemen Perpustakaan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto.

Sutarno. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Yulia, Anna. (2005). Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yusuf, Pawit & Suhender, Yaya. (2013). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana


Article Statistic

Abstract view : 1667 times
PDF views : 1811 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ester Ayunitias, Siti Fatimah, Rusmin AR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.