ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PROGRAM LINTAS MINAT PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 16 PALEMBANG
Abstract
This study aims to determine the level of learning motivation of students in class X across cross-interest programs on economic subjects at Palembang State High School 16. This study used a descriptive method where the subjects in this study were students of class X MIPA which amounted to 52 students. Data collection techniques used were questionnaires and interviews. Data analysis techniques were scored based on the rating scale. Based on the results of data analysis, it can be seen that students' learning motivation in economic subjects cross-interest programs in Palembang State High School 16 influenced by intrinsic factors of 74.23% in (high category) and extrinsic at 79.78% at ( high category). Researchers suggest that teachers motivate students more cross-interest programs in growing successful desires while learning economic subjects.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik kelas X program lintas minat pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 16 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA yang berjumlah 52 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Teknik analisis data diberi skor berdasarkan skala penilaian. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi program lintas minat di SMA Negeri 16 Palembang, di pengaruhi oleh faktor intrinsik sebesar 74,23% berada pada (kategori tinggi) dan ekstrinsik sebesar 79,78% yang berada pada (kategori tinggi). Peneliti menyarankan agar guru lebih memotivasi peserta didik program lintas minat dalam menumbuhkan keinginan berhasil saat belajar mata pelajaran ekonomi
Keywords
References
Alam S. 2013. Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas. 2013. Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Depdiknas. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republic Indonesia No. 59. Jakarta: Kemendikbud.
Depdiknas. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republic Indonesia No. 64. Jakarta: Kemendikbud
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Djaali. 2012. Psikologis Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fahrurrozi, Ade. 2016. Perbedaan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Antara Program Perminatan Dan Lintas Minat Di Kelas XI SMA Negeri 1 Kayuagung. Skripsi. Indralaya: FKIP Universitas Sriwijaya.
Geminastiti, Kinanti. 2013. Ekonomi Untuk SMA / MA Kelas X. Bandung: Y Ramawidia.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategis Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Cipayung-Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.
Pupuh dan Sobry. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.
Sardiman. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres.
Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soemanto, Wasty. 2012. Psikologis Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sobur, Alex. 2009. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.
Uno B, Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Indovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual. Edisi 1. Cetakan Ke-7. Jakarta: Bumi Aksara
Article Statistic
Abstract view : 2026 timesPDF views : 6418 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Gita Frimar Lesi Ayu, Dewi Koryati, Riswan Jaenudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.