• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG | Rahayu | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

    Erika Rahayu(1*), Rusmin AR(2), Deskoni Deskoni(3)
    (1) 
    (2) Universitas Sriwijaya
    (3) Universitas Sriwijaya
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v6i2.9128

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan pengaruh media permainan ular tangga terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design bentuk Post Test Only Control Desigsn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IIS SMA Negeri 10 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yaitu dengan cara diundi sehingga diperoleh kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil post test dan dikelompokkan dalam katagori Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan analisis data observasi diperoleh dari hasil observasi yang diberikan oleh observer pada saat pembelajaran berlangsung. Pada pengujian hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji korelasi pearson product moment, koofisien determinan kemudian dilanjutkan dengan  uji-t menggunakan rumus Polled Varians dan diperoleh thitung (15,09) ? ttabel (1,674) maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pengaruh media permainan ular tangga terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 10 Palembang. Disarankan dalam menerapkan media permainan ular tangga guru lebih mengkontrol peserta didik karena antusias dari peserta didik yang ingin menjalankan bidak atau mengguncang dadu sangat besar.

    Keywords


    Ular Tangga, Hasil Belajar, Peserta Didik

    Article Statistic

    Abstract view : 716 times
    PDF (Bahasa Indonesia) views : 1730 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Erika Rahayu, Rusmin AR, Deskoni Deskoni

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.