INTEGRASI ALQURAN PADA MATA KULIAH TRIGONOMETRI
Abstract
Nilai-nilai ideal dalam pendidikan karakter yang paling banyak berperan adalah nilai ajaran agama, ini menjadi dasar penelitian integrasi Alquran pada mata kuliah trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh integrasi Alquran pada mata kuliah trigonometri terhadap hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini yaitu mix-method. Penelitian ini dimulai dengan menyusun draf bahan ajar sebanyak 4 bab yang terintegrasi Alquran yaitu surah Al Anbiya ayat 30, Al-Hujurat ayat 13, Adz-Dzariat ayat 56, Al-Baqarah ayat 142-145 dan surah Yunus ayat 87 serta pendekatan phytagoras kesuksesan. Berdasarkan analisis data kualitatif terhadap angket terbuka diperoleh sebagian besar mahasiswa merespon dengan baik penerapan integrasi alquran pada mata kuliah trigonometri, alasannya selain menambah ilmu tentang trigonometri bola, mahasiswa juga memperoleh pengetahuan tambahan tentang nilai-nilai agama islam melalui ayat-ayat alquran. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan grade unjuk kerja pada setiap pertemuan. Sedangkan anlisis data kuantitatif terhadap data hasil belajar trigonometri diperoleh nilai rata-rata pretest 45,83 sedangkan nilai rata-rata postest 79,42. Sedangkan untuk uji hipotesis (one sampel t-test) diperoleh sig. 0,000 yang berarti Ho ditolak. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa penerapan integrasi Alquran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar trigonometri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abadi. (2017). Teori kestabilan dan penerapannya untuk memahami keseimbangan alam semesta. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami, 1(1). (pp. 666-670). Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Afifuddin, dkk. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Ahmad, H. (2016). Desain pembelajaran matematika yang memanfaatkan model kooperatif dengan pendekatan kontekstual pada kelas xa smk bina generasi polewali. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 7(1), 39-55. https://doi.org/10.35329/fkip.v7i1.13.
Ahmad, H. (2017). Application of teaching model of developing metacognitive ability (DMA) in teaching mathematics. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami, 1(1). (pp. 403-413). Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ahmad, H. & Febryanti, F. (2018). Description of student’s metacognitive ability in understanding and solving mathematics problem. Materials Science and Engineering, 300(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/300/1/012048,
Ahmad, H., Al Yakin, A., & Sarbi, S. (2018). The analysis of student error in solve the problem of spherical trigonometry application. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1), 1-9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012114.
As’ari, A.R. (2017). Pembelajaran matematika qur’ani. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami, 1(1). (pp. 666-673). Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Creswell, J.W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Eds. Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arsyad, N. (2016). Model Pembelajaran Menumbuhkembangkan Kemampuan Metakognitif. Makassar: Pustaka Refleksi.
Hambali. S. (2012). Pengantar Ilmu Falak: Menyimak Proses Pembentukan Alam Semesta. Banyuwangi: Bismillah Publisher.
Hambali, S. (2013). Ilmu Falak: Arah Kiblat Setiap Saat. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta.
Junaedi, I. (2014). Tipe kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri analitik berdasar Newman’s Error Analysis (NEA). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 125-133. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2872.
Miswanto. (2015). Telaah ketepatan dan keakuratan dalam penentuan arah kiblat. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 201-228. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.2.229-243.
Moleong, L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Rosda Karya.
Mustofa, A. (2014). Alquran Inspirasi Sains. Surabaya: Padma Press.
Purwanto, A. (2015). Nalar Ayat-Ayat Semesta: Menjadikan Alquran Sebagai Basis Konstruksi Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Mizan.
Raharto, M., & Surya, D.J.A. (2011). Telaah penentuan arah kiblat dengan perhitungan trigonometri bola dan bayang-bayang gnomon oleh matahari. Jurnal Fisika Himpunan Fisika Indonesia, 11(1), 23-29.
Ramadhani, dkk. (2016). Alquran VS Sains Modern Menurut Dr. Zakir Naik. Jakarta: Sketsa
Solikin. A. (2016). Aplikasi aturan cosinus dan sinus segitiga bola dalam perhitungan arah kiblat (sebuah relasi antara matematika dan agama). Journal of Mathematics Education, Science And Technology, 1(2), 28-38. http://dx.doi.org/10.30651/must.v1i2.235.
Tasni, N., Nusantara, T., Hidayanto, E., Sisworo, & Susanti, E. (2017). Obstacles to students’productive connective thinking in solving mathematical problems. Jurnal Pengajaran MIPA, 22(2). https://doi.org/10.18269/jpmipa.v22i2.9100.
Tasni, N., & Susanti, E. (2017). Membangun koneksi matematis siswa dalam pemecahan masalah verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 103-116. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.108.
Tasni, N (2018). Eksplorasi pemecahan masalah ditinjau dari tingkat koneksi matematis yang dibangun oleh mahasiswa STKIP YPUP Makassar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. 13(1), 66-74. http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v13i1.181.
Tasni, N., Nusantara, T., Hidayanto, E., & Sisworo (2019). Anticipating failure of students’ productive connective thinking transformation in solving mathematical problems. International Journal of Scientific & Technology Research, 8, 392-400.
Tasni, N., Nusantara, T., Hidayanto, E., Sisworo, S., & Susanti, E. (2019). The construction of student’ thinking transformation: from simple connectivity to productive. Journal of Physic: Conference Series, 1157(3), 1-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032094.
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in: