Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru

Hanifa Zulfitri, Nadya Putri Setiawati, Ismaini Ismaini

Abstract


Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran PPG dalam meningkatkan profesionalisme guru. PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk memper- siapkan lulusan S-1 kependidikan dan non kependidikan untuk menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar pendidikan. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru pada era pendidikan 4.0 adalah kompetensi profesional. Seorang guru sebagai tenaga profesion- al dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Sertifikat pendidik dapat diperoleh melalui program pendidikan profesi atau Pendidikan Profesi Guru (PPG). Melalui PPG, guru dapat meningkat- kan kemampuan dalam memilih dan menguasai bahan ajar, merencanakan, mengembangkan, dan mengaktualisasi proses belajar mengajar yang produktif.

Kata-kata kunci: Pengembangan guru profesional, Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Abstract: The aim of this article is a study literatur about how the role of PPG in improving the professionalism of teachers. PPG is an educational program that organized to prepare S-1 ed- ucational graduate and non-educational to fully master teacher competencies accordance with education standards. One of the competencies that  teachers mush have in the era of education

4.0 is professional competence. A teacher as a professional is proven by an educator certificate. Educator certificates can be obtained through professional education programs or Professional Teacher Education (PPG). Through PPG, teachers can improve their ability to choose and mas- ter teaching materials, plan, develop, and actualize productive teaching and learning processes.

Keywords : Professional teachers development, Teacher Professional Education


Full Text:

PDF

References


Collins, J. W., & O’Brien, N. P. (Eds.). (2011). The greenwood dictionary of ed- ucation (2nd ed.). Santa Barbara, CA: Greenwood.

IEA. (2006). PIRLS 2006 International Re- port. Chestnut Hill, US: TIMSS & PIRLS International Study Center

Ghufron, A. (2010). Pengembangan kuri- kulum pendidikan profesi guru (Diktat: FIP UNY). Yogyakarta, JATENG: FIP, UNY.

Halimah, M. (2010). Pengaruh peningkatan profesional guru sd dalam bidang studi ips di kecamatan rajapolah tasikmalaya. Saung Guru, 1(10), 2038.

IMD. (2018). Digital competitiveness rang- king. Lausanne, Switzerland: IMD World Competitiveness Center.

Kemendikbud. (2018). Neraca pendidikan daerah. Jakarta : Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2005). Undang-un- dang RI nomor 14 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta, In- donesia: Kementerian Pendidikan dan Ke- budayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2007). Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2005). Peraturan pemerintah RI nomor 19 tahun 2005 ten- tang standar nasional pendidikan. Jakar- ta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2003). Undang – undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta, Indo- nesia: Kementerian Pendidikan dan Kebu- dayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2005). Peraturan pemerintah RI nomor 74 tahun 2008 ten- tang standar nasional pendidikan. Jakar- ta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 87 tahun 2013 tentang program pendidikan profesi guru prajabatan. Ja- karta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa se- kolah dasar dalam meningkatkan kemam- puan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11 – 21.

Koswara, & Rasto. (2016). Kompetensi dan kinerja guru berdasarkan sertifikasi prof- esi. Jurnal Pendidikan Manajemen Per- kantoran, 1(1), 64 – 65.

Linda, L. (2017). Analisis penguasaan kom- petensi pedagogik dan profesional maha- siswa calon guru matematika dalam mata kuliah micro-teaching. Pythagoras: Jur- nal Pendidikan Matematika, 12(1), 66 –67.

Pangestika, R, R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan profesi guru (PPG): Strategi pengembangan profesionalitas guru dan peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional. Pascasar- jana Universitas Negeri Yogyakarta: PPs UNY.

Partnership for 21st Century Skills (P21). (2018). Framework for 21st century learning. Diakses dari http://www.p21. org/our-work/p21-framework.

Ristekdikti. (2017). Pedoman penyelengga- raan pendidikan profesi guru. Jakarta, In- donesia : Ristekdikti.

Ristekdikti. (2018). Pedoman penyelengga- raan pendidikan profesi guru. Jakarta, In- donesia : Ristekdikti.

Suryanto & Djihad. (2012). Calon guru dan guru profesional. Yogyakarta, Indonesia: Multi Pressindo.

Triwinarni, E. (2016). Evaluasi program pen- didikan profesi guru (ppg) pendidikan agama islam di UIN Sunan Kalijaga Yo- gyakarta. 3rd prosiding of interdiscpipli- nary Postgraduate Student Conference, Program Pascasarjana Universitas Mu- hammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta, In- donesia: UMY.

UNDP. (2018). Human development indi- ces and indicators: Statistical Analysis. Washington, DC: Human Development Report Office.

Usman, M. U. (2006). Menjadi guru profe- sional. Bandung, Indonesia : Remaja Ros- dakarya.

Wahyuni, D. (2018). Peningkatan kompe- tensi guru menuju era revolusi industri

0. Diakses dari https://berkas.dpr.go.id/ puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat- X-24-II-P3DI-Desember-2018-218.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.