Evaluasi Seleksi Calon Kepala Sekolah pada Program Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Profesi Tenaga Kependidikan di LPMP Provinsi Sumatera Selatan

Karwan Sugiarto, Bambang A. Loeneto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme seleksi calon kepala sekolah/ madrasah dalam program  ProDEP  (Professional  Development  for  Education  Personnel)  di LPMP Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian dilaksanakan di LPMP Provinsi Sumatera Selatan dengan narasumber sebanyak 10 orang. Pengambilan data menggunakan panduan wawancara dan data sekunder laporan Program ProDEP LPMP Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2015. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Dari analisis tersebut diperoleh hasil sebagai berikut; 1) materi seleksi calon kepala sekolah belum mengacu kepada standar kompetensi kepala sekolah/madrasah sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, dan 2) materi seleksi akademik yang diterapkan dalam seleksi ini tidak menggambarkan substansi akademik yang seharusnya. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka direkomendasikan sebagai berikut: 1) untuk memenuhi persyaratan kompetensi yang ingin diraih/diketahui oleh masing-masing calon kepala sekolah, maka materi seleksi diklat calon kepala sekolah ini sebaiknya berisi materi-materi yang mengungkap potensi akademik, kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial peserta, 2) Materi seleksi akademik sebaiknya berisi materi yang benar-benar mengukur potensi/kemampuan akademik peserta seperti Tes Potensi Akademik (TPA) yang lazim digunakan untuk mengetahui dan mengukur sejauhmana kemampuan akademik seseorang.

Kata-kata kunci: seleksi, pendidikan dan latihan, ProDEP

Abstract: This study aimed to evaluate the selection mechanism of prospective principals / madrasah in the ProDEP program (Professional Development for Education Personnel) in LPMP South Sumatra Province. The research was conducted in LPMP of South Sumatera Province with 10 informants. Data collection using interview guides and secondary data report ProDEP LPMP Program of South Sumatera Province Year 2015. The collected data were analyzed using descriptive qualitative analysis method. The results from the analysis were: 1) the selection   of candidates for headmaster is not referring to the principal / madrasah competency standard as referred to in the Regulation of the Minister of National Education of the Republic of Indonesia Number 13 Year 2007 regarding Principal Standards/Madrasah, and 2) the academic selection material applied in this selection does not describe the substance academic should be. Based on the results of the above research, it is recommended as follows: 1) to meet the competency requirements to be achieved by each candidate headmaster, the selection material of the headmaster training should contain materials that reveal the academic, personality, managerial potential, entrepreneurship, supervision, and social participants, and 2) Academic selection materials should contain material that really measures the potential/academic ability of participants such as the Academic Potential Test (TPA) commonly used to know and measure the extent of one’s academic ability.

Keywords: Selection, education and training, ProDEP

Keywords


Selection, education and training, ProDEP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.