Assessing Possible Family Language Practices for Children’s Bilingual Mastery in Indonesian Context

Riski Aginia Hafiha

Abstract


Abstract: The urgency of acquiring one another’s language is demanded in this era of industrial revolution 4.0 and to create society 5.0. The more people need to access the global world, the more they have to fid ways to be able to fi in. Language mastery plays a big act in completing the urgency of the 21 st century high demand to compete globally. Mastering more than one languages in the global era could benefi the young generation in most of the areas in life such as academic, social, cultural, and future career. Family literacy practices have become the keys for the family to direct the children to acquire the languages they approve. Some approaches have been familiarly used by many families based on their condition and needs. This paper discusses the possibility of family language practices to foster Indonesian children’s bilingualism. Furthermore, this paper also aims to discuss both the perspective of one-parentone-language and translanguaging approaches that have been widely used by many families in the world.

Keywords: family language practice, bilingualism, one-parent-one-language, translanguaging

Abstrak: Penguasaan lebih dari satu bahasa merupakan kebutuhan krusial di era revolusi industri 4.0 dan untuk pembentukan masyarakat 5.0. Semakin tinggi kebutuhan akan akses dunia global, semakin tinggi pula keharusan masyarakat untuk bisa beradaptasi dengan cepat dan tepat. Penguasaan bahasa di abad 21 ini sangat penting, selaras dengan kebutuhan akan terbentuknya manusia 5.0 yang harus berkompetisi dengan ketat di masa depan. Penguasaan lebih dari satu bahasa ini sangat menguntungkan, khusunya bagi anak di bidang akademik, sosial, kultural bahkan untuk karir masa depan mereka. Pengelolaan literasi oleh keluarga adalah kunci awal bagi orang tua untuk membiasakan anak dalam berbahasa sesuai bahasa yang diinginkan oleh orangtua. Berbagai pendekatan terkait budaya literasi keluarga telah banyak diaplikasikan oleh masyarakat dunia sesuai dengan kondisi di lapangan maupun kebutuhan keluarga itu sendiri. Artikel ini membahas kemungkinan budaya literasi keluarga yang dapat diaplikasikan oleh keluarga pada anak dalam konteks Indonesia. Selain itu, artikel ini membahas tentang perspektif yang digunakan di pendekatan satu orang tua-satu bahasa maupun pendekatan peralihan bahasa yang selama ini telah dikenal luas dan digunakan oleh banyak masyarakat dunia untuk budaya literasi keluarga bias diaplikasikan.

Kata-kata kunci: budaya literasi keluarga, paham dwibahasa, pendekatan satu orang tuasatu bahasa, pendekatan peralihan bahasa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.