ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA TERHADAP KONSEP LISTRIK DINAMIS DENGAN METODE Certainty of Response Index (CRI)

Hamdi Akhsan, Melly Ariska

Abstract


Kurikulum Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri memuat mata kuliah dasar kependidikan dan pendalaman materi bidang studi Fisika. Salah satu mata kuliah yang ada di program studi pendidikan fisika adalah adalah Fisika Dasar. Fisika Dasar pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri dalam kurikulum 2017 terdiri dari banyak konsep yang dipecah lagi ke dalam sub konsep. Salah satu konsep yang dipelajari adalah listrik dinamis dengan subkonsep rangkaian listrik arus searah. Tujuan penelitian ini secara rinci adalah memperoleh gambaran tentang pemahaman konsep mahasiswa pada konsep Listrik dinamis pada mata kuliah Fisika Dasar mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsri, memberikan masukan bagi guru fisika yaitu berupa informasi tentang Gambaran miskonsepssi mahasiswa pada konsep listrik dinamis. Dari keseluruhan materi rangkaian listrik arus searah yang diujikan, mahasiswa sudah cukup memahami konsep tentang energi listrik dengan baik. Akan tetapi mahasiswa masih cenderung mengalami miskonsepsi pada konsep daya listrik mengenai perbandingan daya listrik dalam suatu rangkaian yang berbeda yaitu sebanyak 53% Mahasiswa Indralaya dan sebanyak 94% Mahasiswa Palembang. Tes rangkaian listrik arus searah dengan metode Certainty of Response Index (CRI) dapat digunakan untuk mengidentifikasi Mahasiswa yang mengalami miskonsepsi, mahasiswa yang memahami konsep, dan mahasiswa yang tidak paham konsep.

Keywords


Miskonsepsi, CRI, Listrik Dinamis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program of Physics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 


Indexed in:

     `