PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI JENIS SUDUT DAN BESAR SUDUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD ISLAM AL-ALIFAH PALEMBANG

Rahmatul Jariah Zany, Laihat Laihat, Toybah Toybah

Abstract


Abstak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model problem based learning pada materi jenis sudut dan besar sudut terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Islam Al-Alifah Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V-B yang berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal dan observasi. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh  = 10.498, sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh   = 2.086 sehingga terlihat bahwa . Oleh karena itu,  ditolak dan  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning pada materi jenis sudut dan besar sudut berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Islam Al-Alifah Palembang.

 

Kata-kata kunci:  Pengaruh, model problem based learning, dan hasil belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v5i1.8259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433