PENDAMPINGAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU DI SMAN 3 PALEMBANG

Dewi Koryati(1*), Dewi Pratita(2), Siti Fatimah(3), Ikbal Barlian(4), Edutivia Mardetini(5)
(1) 
(2) Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Sriwijaya
(4) Universitas Sriwijaya
(5) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v6i2.10171

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian tentang kegiatan guru terkait pengembangan profesional di kelasnya. Bertujuan untuk memperbaiki persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran dikelas. Artikel ilmiah merupakan laporan hasil penelitian yang disajikan dan dimuat pada majalah ilmiah (jurnal) yang diakui (terakreditasi). Pendampingan dilakukan selama empat bulan di SMAN 3 Palembang. Diawali dengan diskusi masalah pembelajaran yang dihadapi guru ekonomi, kemudian menyusun rencana pelaksanaan PTK ke dalam Rencana Pembelajaran dan latihan menerapkannya. Selama penerapan PTK, guru berlatih mengobservasi, menganalisis dan mengevaluasi hasil tindakan dan selanjutnya kembali merencanakan tindakan tahap ke dua. Pada siklus kedua target ketuntasan hasil belajar tercapai. Berikutnya guru ekonomi berlatih menyusun laporan dalam bentuk artikel ilmiah. Terakhir, hasil kegiatan pendampingan terhadap guru ekonomi kelas X Ilmu Sosial 4 di SMAN 3 Palembang ini disosialisasikan kepada kelompok pengurus MGMP Ekonomi di kota Palembang. Kesimpulan dari program pendampingan ini menunjukkan peningkatan pemahaman guru ekonomi dalam; 1) menerapkan model discovery learning untuk pembelajaran ekonomi, 2) menulis proposal PTK dan menerapkannya di kelas, 3) menulis artikel ilmiah yang bersumber dari hasil PTK.

Kata kunci:  Penelitian Tindakan Kelas, Artikel Ilmiah

Keywords


Pendidikan Ekonomi, PTK, Artikel Ilmiah

References


Arikunto, Suharsini. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Widoyoko, EPS. (2008). Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru. Makalah Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalui PTK. Purworejo. Universitas Muhammadiyah.

Hosnan. (2014). Pendekatan Scientific dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Koryati, Dewi, dkk (2017). Analisis Model dan Media Pembelajaran ekonomi oleh Guru yang Mengajar Ekonomi se-Kota Palembang. Universitas Sriwijaya.

Legiman. 2015. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2015/02/Penelitian-Tindakan-Kelas-PTK-legiman.pdf (19 November 2019).

Joice, Bruce; weil, Marsha. (1972). Models of Teaching. Prentice Hall, Inc. New Jersey.

Jaenudin, Riswan, dkk. (2017). Konsepsi Guru tentang Standar Pengajaran Ilmu Ekonomi (Studi Eksplorasi Terhadap Guru yang Mengajar Ekonomi di Sekolah Se-Kota Palembang). Universitas Sriwijaya.

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Wilkins A, Robert (1990). Model Lessons: Bridging the gap between models of teaching and classroom application. Curtin University of Technology. Australia.


Article Statistic

Abstract view : 483 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 338 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dewi Koryati, Dewi Pratita, Siti Fatimah, Ikbal Barlian, Edutivia Mardetini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.