PENGEMBANGAN MODEL INSTRUMEN EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN EKONOMI

Muh Fahrurrozi(1*), Siti Nur Laili Rahmawati(2)
(1) Universitas Hamzanwadi
(2) Universitas Hamzanwadi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v8i1.13090

Abstract

menggunakan aplikasi Kahoot dan efektivitas terhadap penggunaan instrumen evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model desain penelitian menggunakan ADDIE yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan persentase akhir sebesar 83% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi dari ahli media mendapatkan pesentase akhir sebesar 86% dengan kriteria sangat layak. Pada penilaian peserta didik memperoleh persentase akhir sebesar 82% dengan kriteria sangat baik. Pada hasil tes peserta didik mendapatkan rata-rata 80%. Validitas dari hasil uji coba diperolah 14 soal yang valid dan 16 soal tidak valid, reliabilitas yang diperoleh pada soal pilihan ganda sebesar 0,77 dengan kategori reliabilitas tinggi dan pada 5 soal true or false memperoleh 0,28 dengan kategori reliabilitas rendah.

Keywords


Instrumen, Evaluasi, Kahoot.

References


Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis ICT ‘Kahoot’Dalam Pembelajaran PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bhineka Tunggal Ika, 6, 208–216.

Ali, H. (2014). Evaluasi pembelajaran matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. (2016). Evaluasi Pendidikan. In R. Damayanti (Ed.), Jakarta Rineka CIpta (2nd ed., Vol. 3). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Educational research: An introduction.

Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2(8).

Fahrurrozi, M., & Majid, M. A. (2017). Developing Edmodo-based Blended Learning Model in Forming Student Learning Independence in Economic Subjects Xi Ips Sman 1 Selong Academic Year 2017/2018. JPEK: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 57–67.

Fahrurrozi, M., & Mohzana. (2020a). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Tinjauan Teoritis dan Praktik) (M. H. Dr. H. Khirjan Nahdi, ed.). Selong: Universitas Hamzanwadi Press.

Fahrurrozi, M., & Mohzana, Z. (2020b). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tinjauan Teoretis dan Praktik.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Licorish, S. A., George, J. L., Owen, H. E., & Daniel, B. (2017). Go Kahoot!” enriching classroom engagement, motivation and learning experience with games. Proceedings of the 25th International Conference on Computers in Education, 755–764.

Madaus, G. F. (2004). Ralph W. Tyler’s contribution to program evaluation. Evaluation Roots: Tracing Theorists’ Views and Influences, 69–79.

Moh.Ainin. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Okara, 2, 103–105.

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal Petik. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355

Noermanzah, H. F. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631–6638. https://doi.org/10.35940/ijrte.d8855.118419

Ntjalama, K. M., & Murdiyanto, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Kahoot! Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sman 4 Bekasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 13–20.

Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah Sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial”. Kudus, 20.

Rensburg, J. Van. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 44(2), 8–10.

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Impelentasinya dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Desain Pembelajaran Di Era ASEAN Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan ,” 94–96, 87–102.

Sari, F. P., Ratnaningtyas, L., Wilujeng, I., Jumadi, & Kuswanto, H. (2019). Development of Android Comics media on Thermodynamic Experiment to Map the Science Process Skill for Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012052

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 284–291.

Sholihah, I., & Fahrurrozi, M. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Ekonomi Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi MA NW Sukamulia Tahun Pelajaran 2017/2018. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 1(2), 104–117.

Situmorang, K., Nugroho, D. Y., & Peggy Sara, T. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Penggunaan fitur gamifikasi daring di SMA-SMK Kristen PENABUR Bandar Lampung. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 869–877.

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295

Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui ADDIE Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal PKn Progresif, 11(1), 313–330.

Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Prenada Media.


Article Statistic

Abstract view : 800 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 1474 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muh Fahrurrozi, Siti Nur Laili Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.