PENGEMBANGAN MODEL INSTRUMEN EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN EKONOMI
Abstract
Keywords
References
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis ICT ‘Kahoot’Dalam Pembelajaran PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bhineka Tunggal Ika, 6, 208–216.
Ali, H. (2014). Evaluasi pembelajaran matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, S. (2016). Evaluasi Pendidikan. In R. Damayanti (Ed.), Jakarta Rineka CIpta (2nd ed., Vol. 3). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Educational research: An introduction.
Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2(8).
Fahrurrozi, M., & Majid, M. A. (2017). Developing Edmodo-based Blended Learning Model in Forming Student Learning Independence in Economic Subjects Xi Ips Sman 1 Selong Academic Year 2017/2018. JPEK: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 57–67.
Fahrurrozi, M., & Mohzana. (2020a). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Tinjauan Teoritis dan Praktik) (M. H. Dr. H. Khirjan Nahdi, ed.). Selong: Universitas Hamzanwadi Press.
Fahrurrozi, M., & Mohzana, Z. (2020b). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tinjauan Teoretis dan Praktik.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Licorish, S. A., George, J. L., Owen, H. E., & Daniel, B. (2017). Go Kahoot!” enriching classroom engagement, motivation and learning experience with games. Proceedings of the 25th International Conference on Computers in Education, 755–764.
Madaus, G. F. (2004). Ralph W. Tyler’s contribution to program evaluation. Evaluation Roots: Tracing Theorists’ Views and Influences, 69–79.
Moh.Ainin. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Okara, 2, 103–105.
Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal Petik. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355
Noermanzah, H. F. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631–6638. https://doi.org/10.35940/ijrte.d8855.118419
Ntjalama, K. M., & Murdiyanto, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Kahoot! Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sman 4 Bekasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 13–20.
Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah Sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial”. Kudus, 20.
Rensburg, J. Van. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 44(2), 8–10.
Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Impelentasinya dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Desain Pembelajaran Di Era ASEAN Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan ,” 94–96, 87–102.
Sari, F. P., Ratnaningtyas, L., Wilujeng, I., Jumadi, & Kuswanto, H. (2019). Development of Android Comics media on Thermodynamic Experiment to Map the Science Process Skill for Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012052
Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 284–291.
Sholihah, I., & Fahrurrozi, M. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Ekonomi Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi MA NW Sukamulia Tahun Pelajaran 2017/2018. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 1(2), 104–117.
Situmorang, K., Nugroho, D. Y., & Peggy Sara, T. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Penggunaan fitur gamifikasi daring di SMA-SMK Kristen PENABUR Bandar Lampung. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 869–877.
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295
Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui ADDIE Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal PKn Progresif, 11(1), 313–330.
Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Prenada Media.
Article Statistic
Abstract view : 832 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 1480 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muh Fahrurrozi, Siti Nur Laili Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.