ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA TERHADAP BAHAN AJAR SEBAGAI ACUAN UNTUK MENGEMBANGKAN E-MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL

Dewi Pratita(1*), Dian Eka Amrina(2), Yulia Djahir(3)
(1) Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v8i1.13129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan perkuliahan Pembelajaran Digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan ekonomi semester lima FKIP Universitas Sriwijaya yang ada pada dua kelas yaitu kelas reguler dan kelas ekstensi sebanyak 79 orang mahasiswa. Data penelitian diperoleh dari kegiatan observasi awal dan pengisian angket kebutuhan terhadap bahan ajar yang diinginkan. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pada materi perkuliahan Pembelajaran Digital akan lebih banyak melakukan praktik dalam membuat konten dalam pembelajaran digital namun dikarenakan waktu perkuliahan yang terbatas hanya dua sks disetiap pertemuan membuat dosen kesulitan untuk memberikan penjelasan materi secara rinci kepada mahasiswa. Hasil analisis angket mahasiswa menunjukkan bahwa mahasiswa lebih membutuhkan bahan ajar jenis digital berupa modul agar dapat menjadi penunjang dalam kegiatan perkuliahan mahasiswa.

Keywords


Bahan Ajar, E-Modul

References


Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar.

Febrina Tasya, Leonard, Maya Masitha Astriani. 2020. Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol.6 No.1 (2020). Hal 27-36 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Indariani, Artisa, Surya AP, Sika F. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Matematika (Bahan Ajar Digital Interaktif Pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel). Jurnal Eduma Vol.7 No.2. November 2018. Hal 89-98.

Najuah, Pristi Suhendro Lukitoyo, Winna Wirianti. 2020. Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.

Pertiwi Putri & Masugino. 2018. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Kompetensi Merawat Sistem Rem Sepeda Motor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK) Vol. 11 No.2 (2018) hal 1-10. https://jurnal.uns.ac.id/jptk/article/view/21878/17598

Prasmala ER dan Tanggu ED. 2020. Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Sistem Pencernaan dengan Model Pembelajaran Make a Match Berbasis Digital Daily Assestment. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.266.

Pratama, Ranggi RP. 2016. Penerapan Modul Belajar Elektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Teoritik Merakit Personal Komputer (PC) di SMK Islam Sudirman II Ambarawa. Skripsi: Jurusan Teknik Elektro FT Unnes.

Purwaningtyas, Dwiyogo Wasis, Hariyadi Imam. 2017. Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas XI Berbasis Online Dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Vol.2 Nomor: 1 Bulan Januari Tahun 2017 Hal.121-129.

Rizki Yulia Ramadhani, dkk. 2020. Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.

Salim & Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana.

Setiawan, Agung & Iin Wariin. 2017. Desain Bahan Ajar yang Berorientasi Pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Capaian Pembelajaran Pada Ranah Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Jurnal Edunomic Vol.5 No.01 Tahun 2017. P-ISSN 2337-571X e-ISSN 2541-562X. Hal 17-32.

Sitepu, B.P. 2006. Penyusunan Buku Pelajaran. Jakarta: Verbum Publishing.

Soekartawi. 2003. Prinsip Dasar E-Learning dan Aplikasinya di Indonesia. Jurnal Teknodik Edisi No.12/VII/Oktober/2003.


Article Statistic

Abstract view : 1038 times
PDF views : 1053 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dewi Pratita, Dian Eka Amrina, Yulia Djahir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.