ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA TERHADAP BAHAN AJAR SEBAGAI ACUAN UNTUK MENGEMBANGKAN E-MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan perkuliahan Pembelajaran Digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan ekonomi semester lima FKIP Universitas Sriwijaya yang ada pada dua kelas yaitu kelas reguler dan kelas ekstensi sebanyak 79 orang mahasiswa. Data penelitian diperoleh dari kegiatan observasi awal dan pengisian angket kebutuhan terhadap bahan ajar yang diinginkan. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pada materi perkuliahan Pembelajaran Digital akan lebih banyak melakukan praktik dalam membuat konten dalam pembelajaran digital namun dikarenakan waktu perkuliahan yang terbatas hanya dua sks disetiap pertemuan membuat dosen kesulitan untuk memberikan penjelasan materi secara rinci kepada mahasiswa. Hasil analisis angket mahasiswa menunjukkan bahwa mahasiswa lebih membutuhkan bahan ajar jenis digital berupa modul agar dapat menjadi penunjang dalam kegiatan perkuliahan mahasiswa.
Keywords
References
Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar.
Febrina Tasya, Leonard, Maya Masitha Astriani. 2020. Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol.6 No.1 (2020). Hal 27-36 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Indariani, Artisa, Surya AP, Sika F. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Matematika (Bahan Ajar Digital Interaktif Pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel). Jurnal Eduma Vol.7 No.2. November 2018. Hal 89-98.
Najuah, Pristi Suhendro Lukitoyo, Winna Wirianti. 2020. Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.
Pertiwi Putri & Masugino. 2018. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Kompetensi Merawat Sistem Rem Sepeda Motor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK) Vol. 11 No.2 (2018) hal 1-10. https://jurnal.uns.ac.id/jptk/article/view/21878/17598
Prasmala ER dan Tanggu ED. 2020. Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Sistem Pencernaan dengan Model Pembelajaran Make a Match Berbasis Digital Daily Assestment. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.266.
Pratama, Ranggi RP. 2016. Penerapan Modul Belajar Elektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Teoritik Merakit Personal Komputer (PC) di SMK Islam Sudirman II Ambarawa. Skripsi: Jurusan Teknik Elektro FT Unnes.
Purwaningtyas, Dwiyogo Wasis, Hariyadi Imam. 2017. Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas XI Berbasis Online Dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Vol.2 Nomor: 1 Bulan Januari Tahun 2017 Hal.121-129.
Rizki Yulia Ramadhani, dkk. 2020. Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.
Salim & Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana.
Setiawan, Agung & Iin Wariin. 2017. Desain Bahan Ajar yang Berorientasi Pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Capaian Pembelajaran Pada Ranah Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Jurnal Edunomic Vol.5 No.01 Tahun 2017. P-ISSN 2337-571X e-ISSN 2541-562X. Hal 17-32.
Sitepu, B.P. 2006. Penyusunan Buku Pelajaran. Jakarta: Verbum Publishing.
Soekartawi. 2003. Prinsip Dasar E-Learning dan Aplikasinya di Indonesia. Jurnal Teknodik Edisi No.12/VII/Oktober/2003.
Article Statistic
Abstract view : 1038 timesPDF views : 1053 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dewi Pratita, Dian Eka Amrina, Yulia Djahir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.