PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATA KULIAH SALESMANSHIP

Septyan Adhi Kristanto(1), Harti Harti(2), Siti Sri Wulandari(3*), Finisica Dwijayati Patrikha(4)
(1) 
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(4) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v8i2.14417

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan untuk dapat menunjang proses perkuliahan yang dapat menjadi sumber alternatif  bahan ajar mahasiswa jurusan pendidikan tata  niaga dalam mempelajari mata kuliah salesmenship materi pokok promosi penjulan dengan menggunakan software lectora inspire. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan dengan model penelitian dan pengembangan 4D yang terdiri atas tahap pendefinisian,  tahap perncangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek penelitian adalah para ahli yang terdiri dari ahli materi, media, dan bahasa serta pengguna yaitu Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau  kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dalam menguji kelayakan media pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid berdasarkan penilaian dari ahli media, materi, dan pengguna. Uji kelayakan gabungan dari ketiga validator memperoleh kriteria validitas sebesar 88,75% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran dikembangkan sangat valid dan layak untuk dapat dimanfaatkan dalam sebuah proses pembelajaran.

Keywords


Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Salesmenship

References


Abdullah, Ramli. 2012. “Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar.” Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 12(2).

Akbar, Sa’dun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. 5th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Annisa, Nur, Abdul Hasan Saragih, and R. Mursid. 2019. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS.” JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN 5(2). doi: 10.24114/jtikp.v5i2.12599.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. 16th ed. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Astutik, Mega. 2016. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA.” 05:8.

Falahudin, Iwan. 2014. “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran.” (4):14.

Mas’ud, Muhammad. 2012. Membuat Media Pembelajaran Dengan Lectora Inspire. Yogyakarta: PT. Skripta Media Creative.

Kamal, A. (2019). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4 . 0 International License Pengaruh Model Pembelajaran Paired story telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia. 3.

Putri, Rami Syah, and Indra Safri. 2015. “PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DALAM ENINGKATKAN PENJUALAN MOBIL MITSUBISHI PADA PT. PEKAN PERKASA BERLIAN MOTOR PEKANBARU.” VALUTA 1(2):298–321.

Rezeki, Sri, and Ishafit Ishafit. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum.” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 3(1):29. doi: 10.21009/1.03104.

Saddam Husein, S. U. M. S. S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237. https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605

Shalikhah, Norma Dewi. 2016. “Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif.” Cakrawala: Jurnal Studi Islam 11(1):101–15. doi: 10.31603/cakrawala.v11i1.105.

Sugiyono. 2015. Metode PenelitianPendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). 11th ed. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). 4th ed. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Peneltian Pendidikan. 11th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful, R., Wahid, M., & Ega, T. B. (2014). 137 Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137–

Widiyaningsih, Utami, Abdul Hadjranul Fatah, and Syarpin Syarpin. 2020. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire Berbasis Multipel Representasi pada Materi Kesetimbangan Kimia.” Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang 11(1):92–101. doi: 10.37304/jikt.v11i1.78.


Article Statistic

Abstract view : 165 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 79 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Septyan Adhi Kristanto, Harti Harti, Siti Sri Wulandari, Finisica Dwijayati Patrikha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.