ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Abstract
Komunikasi adalah pengiriman informasi atau pesan kepada pihak yang terkait. 80% ketrampilan atau kompetensi yang dibutuhkan yaitu soft skill. 49% dalam soft skill itu adalah ketrampilan atau kemampuan yang wajib ada pada diri masing-masing karyawan adalah keterampilan dasar berkomunikasi. ketrampilan berkomunikasi bukan saja digunakan pada pekerjaan saja namun ketampilan berkomunikasi juga dibutuhkan pada bidang, mengingat keterampilan berkomunikasi merupakan suatu poin abad 21. Peningkatan kemampuan komunikasi mahasiswa, dapat dilakukan upaya memlalui kegiatan belajar. Upaya tersebut bisa dijalankan melalui beberapa cara yaitu pada penerapan model pembelajaran yang berguna untuk menunjang keteramplan komunikasi pada mahasiswa. Banyak model yang dapat diterapkan di dalam pembelajaran yakni berupa model pembelajaran project based learning. Model yang diiterapkan pada penilitian ini ada literatur review (analisis literatur). Model pembelajaran PBL dapat meninkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa.
Keywords
References
Alvonco, J. (20014). Practical Communication Skills. Kompas Gramedia.
Bangun, Wilson, P. D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. erlangga.
Bungin, Burhan, P. D. (2006). Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat). kencana.
Chen, C., & Yang, Y. (2019). . Revisiting the e ff ects of project-based learning on students ’ academic achievement : A meta-analysis investigating moderators.
Garnjost, P., & Lawter, L. (2019). satisfaction and perceptions of learning outcomes across teacher- and learnerfocused pedagogies. The International Journal of Undergraduates.
George, J. M., & Jones, G. R. (2012). Understanding and Managing Organizatioanl Behavior. Printice Hall.
Gibson, J. L., M.Ivancevich, James, J., H. Donnelly, J., & Konopaske., R. (2006). Organizations, Behavior, Sructure and Proceses. McGraw-Hill.
Hermawan, H. (2006). Dasar – dasar Komunikasi dan Ketrampilan Dasar Mengajar.
Kartika, W., & Musataji. (2016). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Communication Skills Pada Mata Kuliah Pengembangan Sumber Daya Manusia. 1.
Kelner, J. W. (1970). Interpersonal SpeechCommunication, Element and Structure. Wads-worth Publishing Company, Inc.
Lasauskiene, J., & Rauduvaite. (2015). Project-Based Learning at University : Teaching Experiences of Lecturers. Procedia - Social and Behavioral Sciences,.
Newstrom, J. (2007). Organizational Behavior, Human Behavior at Work. McGraw-Hill.
Nuryadi, & Rahmawati, P. (2018). Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa. Mercumatika, 3(1).
Rahmanto, A. F. (2004). Peranan Komunikasi Dalam Suatu Organisasi. Komunikologi, 1(2), 59–75.
Restu, L., Dewi, S. V., & Tri, A. (20019). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. 8(3).
Saraswati, M., Haryani, D., TH, D. S., & Rahmanto, A. N. (2013). Persepsi Siswa Administrasi Perkantoran Terhadap Ketrampilan Berkomunikasi dan Kecerdasan Emosional Guru Dalam. 2.
Sari. (2013). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Susanti, R., Dewi, V., & Tri, A. (2019). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. 8(3).
Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Komunikasi Dalam Organisasi. Dakwah Tabligh, 14(1), 115–126.
Article Statistic
Abstract view : 924 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 510 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Joko Puji Rahmanto, Finisica Dwijayanti Patrikha, Siti Sri Wulandari, Harti Harti, Tri Sudarwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.