• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI | Rahmanto | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

    Joko Puji Rahmanto(1*), Finisica Dwijayanti Patrikha(2), Siti Sri Wulandari(3), Harti Harti(4), Tri Sudarwanto(5)
    (1) Universitas Negeri Surabaya
    (2) Universitas Negeri Surabaya
    (3) Universitas Negeri Surabaya
    (4) Universitas Negeri Surabaya
    (5) Universitas Negeri Surabaya
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v8i2.14454

    Abstract

    Komunikasi adalah pengiriman informasi atau pesan kepada pihak yang terkait. 80% ketrampilan atau kompetensi yang dibutuhkan yaitu soft skill. 49% dalam soft skill itu adalah ketrampilan atau kemampuan yang wajib ada pada diri masing-masing karyawan adalah keterampilan dasar berkomunikasi.  ketrampilan berkomunikasi bukan saja digunakan pada pekerjaan saja namun ketampilan berkomunikasi juga dibutuhkan pada bidang, mengingat keterampilan berkomunikasi merupakan suatu poin abad 21. Peningkatan kemampuan komunikasi mahasiswa, dapat dilakukan upaya memlalui kegiatan belajar. Upaya tersebut bisa dijalankan melalui beberapa cara yaitu pada penerapan model pembelajaran yang berguna untuk menunjang keteramplan komunikasi pada mahasiswa. Banyak model yang dapat diterapkan di dalam pembelajaran yakni berupa model pembelajaran project based learning. Model yang diiterapkan pada penilitian ini ada literatur review (analisis literatur). Model pembelajaran PBL dapat meninkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa.

    Keywords


    Project based learning, komunikasi, organisasi

    References


    Alvonco, J. (20014). Practical Communication Skills. Kompas Gramedia.

    Bangun, Wilson, P. D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. erlangga.

    Bungin, Burhan, P. D. (2006). Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat). kencana.

    Chen, C., & Yang, Y. (2019). . Revisiting the e ff ects of project-based learning on students ’ academic achievement : A meta-analysis investigating moderators.

    Garnjost, P., & Lawter, L. (2019). satisfaction and perceptions of learning outcomes across teacher- and learnerfocused pedagogies. The International Journal of Undergraduates.

    George, J. M., & Jones, G. R. (2012). Understanding and Managing Organizatioanl Behavior. Printice Hall.

    Gibson, J. L., M.Ivancevich, James, J., H. Donnelly, J., & Konopaske., R. (2006). Organizations, Behavior, Sructure and Proceses. McGraw-Hill.

    Hermawan, H. (2006). Dasar – dasar Komunikasi dan Ketrampilan Dasar Mengajar.

    Kartika, W., & Musataji. (2016). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Communication Skills Pada Mata Kuliah Pengembangan Sumber Daya Manusia. 1.

    Kelner, J. W. (1970). Interpersonal SpeechCommunication, Element and Structure. Wads-worth Publishing Company, Inc.

    Lasauskiene, J., & Rauduvaite. (2015). Project-Based Learning at University : Teaching Experiences of Lecturers. Procedia - Social and Behavioral Sciences,.

    Newstrom, J. (2007). Organizational Behavior, Human Behavior at Work. McGraw-Hill.

    Nuryadi, & Rahmawati, P. (2018). Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa. Mercumatika, 3(1).

    Rahmanto, A. F. (2004). Peranan Komunikasi Dalam Suatu Organisasi. Komunikologi, 1(2), 59–75.

    Restu, L., Dewi, S. V., & Tri, A. (20019). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. 8(3).

    Saraswati, M., Haryani, D., TH, D. S., & Rahmanto, A. N. (2013). Persepsi Siswa Administrasi Perkantoran Terhadap Ketrampilan Berkomunikasi dan Kecerdasan Emosional Guru Dalam. 2.

    Sari. (2013). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

    Susanti, R., Dewi, V., & Tri, A. (2019). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. 8(3).

    Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Komunikasi Dalam Organisasi. Dakwah Tabligh, 14(1), 115–126.


    Article Statistic

    Abstract view : 945 times
    PDF (Bahasa Indonesia) views : 514 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Joko Puji Rahmanto, Finisica Dwijayanti Patrikha, Siti Sri Wulandari, Harti Harti, Tri Sudarwanto

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.