STUDI DESKRIPTIF PENDIRIAN USAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Deskoni Deskoni(1), Yuliana FH(2*), Firmansyah Firmansyah(3)
(1) Universitas Sriwijaya
(2) Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v8i2.15584

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bisnis/usaha yang sedang digeluti mahasiswa dan menggambarkan bagaimana proses pendirian usaha yang dilakukan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya Tahun Angkatan 2018-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam terhadap responden yang berjumlah 20 mahasiswa berwirausaha guna memperoleh data yang dibutuhkan sesuai dengan fokus penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa jumlah mahasiswa yang berwirausaha di tahun 2021 sebanyak 13,5% dengan bidang usaha yang paling banyak diminati, yakni perdagangan dan reseller sebesar 34,48%, kuliner dan jasa sebesar 24,14%, bidang art dan kerajinan sebesar 17,24%. Dalam memulai usaha sebagian besar mahasiswa telah memiliki intensi berwirausaha sejak di bangku SMA/SMK, kebulatan tekad tersebut semakin kuat dengan adanya dukungan beberapa mata kuliah seperti kewirausahaan, perencanaan bisnis, dan UMKM. Adapun motivasi mahasiswa untuk memulai usaha sebagian besar dipengaruhi oleh keinginan untuk dan dalam memilih usaha yang dijalankan dilakukan berdasarkan hobi dan keterampilan yang dimiliki serta memanfaatkan peluang usaha yang ada. Namun, dalam memulai usaha sebagian besar mahasiswa tidak membuat sebuah perencanaan bisnis yang matang, padahal perencanaan bisnis dapat dikatakan sebagai alat kendali dalam mencapai fokus dan tujuan usaha. 

Kata Kunci: pendirian usaha, mahasiswa, wirausaha

Keywords


Pendirian usaha, mahasiswa, wirausaha

References


Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Alfabeta: Bandung.

Amir, N., Sjahruddin, H., & Razak, N. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIEM Bongaya. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 1, 1-13. https://doi.org/10.31227/osf.io/sv8xz

Artaningsih, N.K.S., & Mahyuni, L.P. (2021). Pengaruh Kepribadian hardness, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Generasi Milenial. Jurnal Forum Ekonomi, 23 (3), 582-592. http://dx.doi.org/10.29264/jfor.v23i3.10030

Badan Pusat Statistik. (2019). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia

Bygrave, W.D., & Zacharakis, A. (2014). Entrepreneurship third edition. John Wiley and Sons.

Cahaya, B.T., Fatmawati, & Supriyadi. 2019. Meretas Etos Digital Preneur Melalui Dropship Online Business Berbasis E-Commerce. Conference on Islamic Studies.p50-64. UIN Sultan Agung Semarang. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/cois.v0i0.8075

Elfandi, A., Yohana, C., & Fidhyallah, N.F. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Keuangan, 2 (1), 694-706.

Fajri, D.A. (2019). Profil Tenaga Kerja Milenial di Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 3(2). 409-412.

Jaya, H.M., & Harti. (2021). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Sikap Mandiri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 9(3), 1363-1369.

Kusnadi, A., Wella, & Winantyo, R. (2020). Upaya Peningkatan Jumlah Usaha Rintisan Melalui Program Pengembangan Kewirausahaan. Jurnal SOLMA. Vol 09(1): 186-200. Doi: http://dx.doi.org/10.29405/solma.v9il.4890

Mahendra, A.M., Djatmika, E.T., & Hermawan, A. (2017). The Effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention Mediated by Motivation and Attitude among Management Students, State University of Malang, Indonesia. International Education Studies, Vol 10(9): 61-69. Doi: https://doi.org/10.5539/ies.v10n9p61

Nalurita, S. (2017). Analisis Minat dan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa di Univeritas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) (Studi Kasus Mahasiswa Mata Kuliah Manajemen Bisnis Ritel, Kelas Reguler Pagi, Program Studi Akuntansi dan Manajemen Semester 4 Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal M-Progres. 7(2): 67.

Nofriansyah, D., dkk. 2020. Bisnis Online: Stratregi dan Peluang Usaha. Yayasan Kita Menulis.

Purwanto, N. (2020). Pembekalan Wirausaha Baru Menggunakan Model Bisnis Canvas pada Kelompok Usaha Desa Mlaras. Jurnal Karya Abadi LPPM UNISI, 1(2), 115-126. https://doi.org/10.32520/karyaabdi.v1i02.1264

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Urfillah, U., & Muflikhati, I. (2017). Motivasi Berwirausaha, Manajemen Waktu, Manajemen Keuangan, dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Wirausaha. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen. Vol 10 (1). p71-82. DOI: http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2017.10.1.71


Article Statistic

Abstract view : 598 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 354 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Deskoni Deskoni, Yuliana FH, Firmansyah Firmansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.