• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH SUMBER BELAJAR AKUNTANSI DAN INTERAKSI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR | Febianti | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PENGARUH SUMBER BELAJAR AKUNTANSI DAN INTERAKSI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR

    Yopi Nisa Febianti(1*), Trisna Nurlalela Sari(2), Ratna Tiharita(3)
    (1) Universitas Swadaya Gunung Jati
    (2) Universitas Swadaya Gunung Jati
    (3) Universitas Swadaya Gunung Jati
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v8i2.15673

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan sumber belajar Akuntansi dan interaksi pembelajaran terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar serta untuk mengetahui pengaruh secara simultan sumber belajar Akuntansi dan interaksi pembelajaran terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMAN 1 Cilimus Kuningan Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 202 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 67 siswa. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linier begranda. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) sumber belajar Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05; 2) interaksi pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar dengan nilai signifikansi 0,003< 0,05; 3) sumber belajar Akuntansi dan interaksi pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar, di mana nilai F hitung 3,226 > F tabel 3,14, dan nilai signifikansi 0,046< 0,05.

    Keywords


    Sumber belajar akuntansi; interaksi pembelajaran; hasil belajar akuntansi dasar.

    References


    Anafiah, S., Citra Salvatina., & Rubiyanta. 2019. Peningkatan Interaksi Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 2 SD Negeri Simpangan Melalui Model Pembelajaran Number Head Together.Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(3), 655-600.

    Angraini, W. D., Aminuyati., & Achmadi. 2016.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA.Journal of Chemical Information and Modeling, 3(9), 1689–1699.

    Arzita, Nansika Eka. 2017. Pengaruh motivasi Belajar, Sumber Belajar, dan Interaksi Guru dan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2016/2017. Fakultas Ekonomi. Univertas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan.

    Astriany, N. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Mind Map Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Bekasi Utara. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 177-189.

    Betara, Nandan Lagan. 2020. Pengaruh Sumber Belajar Akuntansi dan Interaksi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan.

    Handayani, T. 2015. Interaksi Edukatif Di Sekolah. Jurnal Kependidikan, 7(2), 161-176.

    Hayati, Nazmi, dkk. 2015. Kemampuan Mengelola Interaksi Edukatif Guru Pendidikan Agama Islam.Jurnal Al-Hikmah, 12(2).

    Ikhsan, dkk. 2017. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber sumber belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.

    Manshuruddin. 2020. Pembelajaran Berkualitas Melalui Interaksi Edukatif Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Islam Multiperspektif, 6(1), 1-15.

    Priyatno, Duwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

    Samsinar, S., Ushuluddin, F., & Bone, I. 2019. Urgensi Learning Resources ( SUMBER BELAJAR) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 13(2), 194–205.

    Tiharita, R., & Noviana, F. 2016. Pengaruh Penerapan Penilaian Otentik Untuk Meningkatan Keterampilan Siswa (Studi Eksperimen Kuasi Pada Kelas X Perbankkan di SMK Negeri 2 Cirebon). Jurnal Edunomic, 4(1), 43-48.

    Trisnawaty, F. 2017. Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD. Satya Widya, 33(1), 37-44.

    Wahyuni, Y. S. 2020. Penggunaan Metode Resources Based Learning (RBL) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Materi Hukum Bacaan Qalqalah Di Kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Pulau Rakyat. Jurnal Ansiru PAI, 4(2), 26-51.

    Yurika. 2019. Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK Istiqlal Deli Tua Tahun Ajaran 2019/2020. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi. Tidak diterbitkan.


    Article Statistic

    Abstract view : 496 times
    PDF (Bahasa Indonesia) views : 432 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Yopi Nisa Febianti, Trisna Nurlalela Sari, Ratna Tiharita

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.