ANALISIS MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI
Abstract
Entrepreneurship is the effort of individuals who want to create or run a business or business. In college, there are entrepreneurship lessons that are useful to grow students' interest in entrepreneurship. This research aims to find out the extent of interest of students of economic education, Bhinneka PGRI Tulungagung University in entrepreneurship. This research is quantitative descriptive research. Data collection is carried out by distributing questionnaires to students of Economic Education Class of 2019. The research findings showed that of the 10 indicators in analyzing students' interest in entrepreneurship, only two indicators had a low percentage below 50%, namely the belief in being a successful entrepreneur and entrepreneurial ability with a percentage of 26.80% and 47.10%. While the other 8 indicators have a high percentage above 50%. Therefore, it can be concluded that the majority of students of the Economic Education Study Program of Bhinneka PGRI University have a high interest in entrepreneurship.
Wirausaha adalah upaya individu yang ingin membuat atau menjalankan bisnis atau usaha. Di perguruan tinggi, terdapat pelajaran kewirausahaan yang berguna untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana minat mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung dalam berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuisioner kepada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dari 10 indikator dalam menganalisis minat mahasiswa dalam berwirausaha, hanya dua indikator yang memiliki persentase rendah di bawah 50%, yakni keyakinan menjadi wirausaha yang sukses dan kemampuan berwirausaha dengan persentase sebesar 26,80% dan 47,10%. Sedangkan 8 indikator lainnya memiliki persentase tinggi di atas 50%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa mayoritas mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI memiliki minat tinggi dalam berwirausaha.
Keywords
References
Amboningtyas, D., Susanti, I., & Kritiawati, I. (2019). Kajian Tentang Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Pandanaran. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(2), 209–221.
Darwis, M., Kumar, R., Niswaty, R., & Nasrullah, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 3(1), 31. https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.31-41.8694
Dewi, N. P. L. R., & Nurcaya, I. N. (2017). Niat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dan Universitas Warmadewa. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(4), 2191–2221.
El Hasanah, L. L. N. (2018). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36812
Harie, S., & Andayanti, W. (2020). Pengaruh Motivasi Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. INTELEKTIUM, 1(2), 107–114. https://doi.org/10.37010/int.v1i2.187
Hidayanto, T., & Soeryanto. (2014). Pengembangan Modul Mata Kuliah Pengetahuan Alat Ukur Produksi PadaJurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin,
(01), 107–113.
Juliana. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Pengambilan Risiko Terhadap Perkembangan Wirausaha Muda Dalam
Bidang Kuliner Di Wilayah Binong Tangerang. Jurnal Khasanah Ilmu, 10(1).
Juniariani, N. M. R., Sanjaya, I. K. P. W., & Mariyatni, N. P. S. (2020). Pengelolaan Keuangan, Strategi
Pemasaran, Dan Jiwa Kewirausahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing. BISMA: Jurnal Bisnis Dan
Manajemen, 14(2), 125. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i2.17706
Jusmin, E. (2012). Pengaruh latar belakang keluarga, kegiatan praktik di unit produksi sekolah, dan pelaksanaan
pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha siswa smk di kabupaten tanah bumbu. Jurnal
Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(1), 46–59.
Marvianta, Y. A., Frederica, D., & Prasetyo, W. (2013). Arti Penting Kreativitas Terhadap Penciptaan Ide Bisnis
Studi Kasus Pada Mahasiswa FE-Ukrida, Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 13(1), 1–10.
Misrah. (2013). Analisis Minat Berwirausaha Mahasiswa Angkatan 2015-2018 Pendidikan Ekonomi Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Makasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Nazir, M. (2014). Metode penelitian (11th ed.). Ghalia Indonesia.
Nuryanti, B. L., & Nurjaman, J. (2017). The Influence of Creativity Thourgh The Competitiveness of Business.
AdBispreneur : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 255–262. Oktapiyani, R. (2021). Pemanfaatan Gambar/Foto dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen.
Dinamika, 4(1), 48. https://doi.org/10.35194/jd.v4i1.1025
Padmalia, M. (2016). Niat Berwirausaha Mahasiswa dan Keterhubungannya dengan Kecerdasan Hadapi
Rintangan. Journal of Business & Applied Management, 10(1), 21–36.
Pradana, B. I., & Safitri, R. (2020). Pengaruh Motivasi Wirausaha dan Mental Wirausaha terhadap Minat
Wirausaha. IQTISHODUNA, 16(1), 73–82. https://doi.org/10.18860/iq.v16i1.6797
Prilovia, H., & Iskandar, I. (2018). Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unswagati Cirebon. Edunomic
Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 57. https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1510
Rukmana, T. Y. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Kewirausahaan. Jupe, 6(2), 8–11. Suharti, L., & Sirine, H. (2012). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial
Intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2). https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.124-134 Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui
Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 117. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318 Sumarsono, H. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Wirausaha Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Ekuilibrium : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 8(1), 62.
https://doi.org/10.24269/ekuilibrium.v8i1.35
Supeni, R. E., & Efendi, M. (2017). Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha Pada Perguruan Tinggi Swasta Di
Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis(NSAPER-EBIS
, 1, 449–463.
Taufiq, W. F., Komaro, M., & Permana, T. (2019). Studi Eksplorasi Minat Berwirausaha E-Commerce Mahasiswa
D3 Teknik Mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 132–139.
Trihudiyatmanto, M. (2019). Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E- Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Gender. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada
Masyarakat UNSIQ, 6(2), 93–103. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.678
Widnyana, I. W., Widyawati, S. R., & Warmana, G. O. (2019). Pengaruh Pemberian Mata Kuliah Kewirausahaan
dan Pelatihan Wirausaha Terhadap Minat Wirausaha Ekonomi Kreatif pada Mahasiswa UNMAS Denpasar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 171–177.
Article Statistic
Abstract view : 1320 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 527 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Mega Cantika Deva Ningrum, Olivia Febrianti, Sudirman Rizki Ariyanto, Muhammad Annasrulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.