MENINGKATKAN KREATIVITAS DESAIN FLYER DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL)
Abstract
Based Learning ((PjBL) learning model to increase students' creativity in making digital flyer designs using the Canva application. This research method uses Classroom Action Research (CAR). The population of this study was all students of class XI BDP at SMK Negeri 1 Pemulutan. The sample in this study was selected by purposive sampling. Data collection techniques used Focus Group Discussion (FGD), interview methods, and observations. The data analysis technique used was descriptive qualitative data analysis. researcher An shows that the Project based Learning learning model has an influence in increasing students' creativity in designing digital flyers using the Canva application. Making this digital flyer is one of the concrete evidences that students can create promotional media creatively according to the demands of the business world/industrial world, train students' creativity, and improve students' skills in designing flyers into a business opportunity.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran di kelas berbasis proyek dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam membuat desain flyer digital menggunakan aplikasi Canva. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI BDP di SMK Negeri 1 Pemulutan. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Focus Group Discussion (FGD), metode wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Project Based Learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan kreativitas peserta didik mendesain flyer digital menggunakan aplikasi Canva. Pembuatan flyer digital ini merupakan salah satu buktinya peserta didik dapat membuat media promosi dengan kreatif sesuai tuntutan dari dunia usaha/dunia industri, melatih kreativitas peserta didik, dan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mendesain flyer menjadi sebuah peluang usaha
Keywords
References
Anggraeny, F. T., Wahanani, H. E., Akbar, F. A., Raharjo, M. I. P., & Rizkyando, S. (2021). Peningkatan
Keterampilan Kreativitas Desain Grafis Digital Siswa SMU Menggunakan Aplikasi CANVA pada
PonselPintar. Journal of Appropriate Technology for Community Services, 2(2), 86-91.
Arikunto, Suhardjono, Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Barlian, Ikbal dan Dewi Koryati. ( 2016). Penelitian Tindakan Kelas, untuk Inovasi Pembelajaran Guru.
Palembang. Universitas Sriwijaya Press.
Canva. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id.id/pendidikan/
Facette, Fersita Felicia. (2018). “Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Buat Lima Kompetensi”. Jakarta:
Jawa Pos, 2 Mei 2018.
Ruhanto, Uun. (2013). Mendesain Poster dan Banner. Jakarta: Skripta Media Creative.
Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah
siswa melalui penerapan model project based learning. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166-183.
Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat
Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476-480.
Santosa, N. A., Hanindharputri, M. A., & Nandaryani, N. W. (2020). Desain Flyer Infografis Sebagai Sarana
Sosialisasi Upaya Pencegahan Covid-19. Jurnal Lentera Widya, 2(1), 1–8.
https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v2i1.138
Setiyani, L., Effendy, F., Jajang, J., & Yulianto, R. M. (2021). Peningkatan Minat Digital Marketing Bagi Siswa
SMK Teknologi Karawang Melalui Pelatihan Adobe Photoshop. Jurnal Abdimas Sistem dan Teknologi
Informasi, 1(1), 23-29
Prasistayanti, N. W. N., Santyasa, W. I., &Warpala, W. S. I. (2019). Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil
Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Pemrograman pada Siswa
SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(02), 138-155.
Widiastuti, A., Istihapsari, V., & Afriady, D. (2020). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project Based
Learning Pada Siswa Kelas V SDIT LHI.
Article Statistic
Abstract view : 1270 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 607 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Juwairia S.Pd, Dewi Koryati, Dian Eka Amrina, Usmi Sintara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.