KREATIVITAS MENGAJAR GURU DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI
Abstract
This study aims to determine the effect of teacher creativity and parent attention contributions to learning motivation of students, teacher creativity on the learning motivation, and the effect of parent attention to the learning motivation. This research is a descriptive quantitative with the pupulation is student from SMKN in Sukoharjo regency, with number of sample was 343 student. The results of this study obtained that the F-count is higher than the F-table (67.068 > 3.00), so that the two independent variables have a simultaneous effect. The results of the T-count variables for teacher instructional creativity and parental attention were 3.802 and 8.434, respectively. Both are above the T-table (1.966). So that the two independent variables have a partial effect on students' learning motivation
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, dan mengetahui pengaruh kreativitas mengajar guru dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasinya adalah siswa SMK Negeri se kabupaten Sukoharjo. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 343 siswa. Pengumpulan datanya adalah menggunakan kuisioner, dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini didapatkan kreativitas mengajar guru dan perhatian orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan yang ditunjukkan dari nilai F hitung (67,068) lebih besar dari F tabel (3,00). Signifikan diperoleh dari uji hipotesis dengan uji F yang bernilai 0,00 yang mana lebih kecil dari pada 0,05. Analisis koefisien determinasi vaiabel kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa diperoleh hasil sebesar 6,97%, perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa diperoleh hasil sebesar 21,28% dan sebesar 77,3% dipengaruhi variabel di luar penelitian.
Keywords
References
Ali Akbar, I. (2015). Pengaruh Kreativitas Guru dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kelas X Akuntansi SMK Widya Praja Ungaran 2013/2014. http://lib.unnes.ac.id/22461/ Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arnawati. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru dalam Mengelola Pembelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 11 Sinjai. Arwen, D. (2020). Student learning motivation influences the development of the corona virus pandemic (COVID 19). International Journal of Advanced Science and Technology, 29(9). Aryanti, Y. D., & Muhsin. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas dan Kreativitas Mengajar terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1). Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01). https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57 Cremin, T. (2017). Creative Teachers and Creative Teaching. In Creativity in Primary Education. https://doi.org/10.4135/9781473909403.n4 Darwin, B. (2008). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1), 74–94. Dimyati, & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Handayani, M., & Usman, O. (2021). The Influence of Family Support, Adversity Intelligence, and Self Efficacy Towards Student Learning Motivation State University of Jakarta during the COVID-19 Pandemic. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3768121 Harefa, S., & Hia, Y. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Pembelajaran Online Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Fibonaci, Volume 1(2), 12–15. Imbron, Praditya, A., & Komala, L. (2021). PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SMK VIA MEDIKA. Jurnal Semarak, Vol.4(No.1), 1–10. Iriansyah, H. S. (2020). Membangun Kreativitas Guru dengan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 1, 1–6. Karsidi, R. (2008). Sosiologi Pendidikan. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press. Linda, L. (2020). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP IT Masjid Syuhada. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review, 50(4), 370–396. https://doi.org/10.1037/h0054346 Mata, L., Pedro, I., & Peixoto, F. J. (2018). Parental support, student motivational orientation and achievement: The impact of emotions. International Journal of Emotional Education, 10(2). Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Riduwan. (2014). Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penlitian. Bandung: Alfabeta. Rohman, A. . (2018). Faktof-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal At-Taqaddum, 10(1), 95–108. Salisah, E. A., Gimin, & Zahirman. (2018). The Influence of Parents Attention to The Learning Motivation of Class XI Students of SMA Negeri 5 Pekanbaru. JOM FKIP, Volume 5 e, 1–15. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo. Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Article Statistic
Abstract view : 557 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 296 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Taufiq Tsany Mahmud, Jonet Ariyanto Nugroho, Khresna Bayu Sangka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.