PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING

Susanto Susanto(1*), Riswan Jaenuddin(2), M.Djahir Basir(3)
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum
(2) Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v9i1.17177

Abstract

This study aims to develop a Student-Centered Learning (SCL) based learning video on Social Science subjects at the Raudhatul Ulum Integrated Islamic Junior High School that is valid, practical, and effective on student learning outcomes. This research is a development research using the Hannafin Peck model. Data collection techniques used in this study were interviews, walkthroughs, questionnaires, and tests of student learning outcomes against the developed video media. This research was declared valid because it was obtained through a validation process from experts. For practicality obtained from student responses at the small group stage obtained by 65.5% indicating that this multimedia has been tested for practicality because the video media produced is attractive to students, easy to understand, and students master the competencies to be achieved faster, while the effectiveness of student learning outcomes seen from the results of the N-gain 0.36 in the medium category. Based on the results of the study, it can be concluded that the video media based on student centered learning that was developed proved to be valid, practical, and effective on student learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis student centered learning (SCL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Raudhatul Ulum yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Hannafin Peck. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, walkthrough, angket atau kuesioner, dan tes hasil belajar peserta didik terhadap media video yang dikembangkan. Penelitian ini dinyatakan valid karena didapatkan melalui proses validasi dari para ahli. Untuk kepraktisan didapat dari tanggapan siswa pada tahap kelompok kecil diperoleh sebesar 65,5% menunjukkan bahwa multimedia ini telah teruji kepraktisannya karena media video yang dihasilkan menarik bagi siswa, mudah dipahami, dan siswa lebih cepat menguasai kompetensi yang akan dicapai, sedangkan efektifitas hasil belajar siswa terlihat dari hasil N-gain 0,36 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video berbasis SCL yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik

Keywords


Pengembangan, Video Pembelajaran, Student Centered Learning, Ilmu Pengetahuan Sosial

References


Afandi, Muhammad dan Badarudin. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Antika, R. R. (2014). Proses pembelajaran berbasis student centered learning (Studi deskriptif di sekolah menengah pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk). BioKultur, 3(1), 251-263.

Ayuningrum, Fiskha. (2012). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Siswa Kelas X Pada Kompetensi Mengolah Soup Kontinental Di Smk N 2 Godean, diambil 6 Juni 2017, dari http: //eprints. uny. ac. id/6796/1/skripsi.

Ernica, S. Y., & Hardeli, H. (2019). Validitas dan praktikalitas e-modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 812-820.

Faizah, N. O., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 52-58.

Gultom, F., & Hernawaty, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Camtasia Studio 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vii Smp Swasta Riama Medan. Jurnal Pendidikan Religius, 2(1), 48-58.

Lukman, L., & Ishartiwi, I. (2014). Pengembangan bahan ajar dengan model mind map untuk pembelajaran ilmu pengetahuan sosial SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 109-122.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311-326.

Meryansumayeka, M., Yusuf, M., & Suganda, V. A. (2018). Pengembangan video pembelajaran berbasis PMRI untuk mendukung mental calculation siswa dalam permasalahan aritmatika sosial. Jurnal Elemen, 4(2), 119- 130.

Pramika, D., & Sari, N. P. (2020). Pengembangan Booklet dengan Pendampingan Video Tutorial sebagai Media Pembelajaran Statistik Penelitian. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 959-971.

Pribadi, B. A. (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media. Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19-32.

Putra, Zonny Amanda. (2007). Pengembangan Model Student Centered Learning berbasis E-Media dalam mata kuliah Teknologi Bahan di Jurusan Teknik Mesin FT UNP. diambil 13 Juli 2017 dari http://repository.unp.ac.id/953/1/ZONNY%20AMANDA_83_07.

Rahmadhani, R., & Hidayati, A. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Edutainment pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP/Sederajat. Inovtech, 2(01).

Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 266415.

Sasmita, I. G. N. A. Y., Koyan, I. W., & Agung, A. G. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Tik Pada Siswa Kelas Ix Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 Di Smp Negeri 3 Sawan. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2).

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Tessmer, M. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluation:Improving the Quality of Education and Education and Training. London:kogan Page

Umam, M. K. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 6(2), 62-76.

Utami, Y., Purnomo, A., & Salam, R. (2019). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips pada Siswa SMP Islam Sudirman Ambarawakabupaten Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 40-52.

W.S., Nurul Dwi Rahmawati.2014. Pembuatan Modul Pembelajaran Aplikasi Software Survei Pemetaan (AS2P) dengan Konsep Student Centered Learning Kelas XII Kompetensi Keahlian Survei Pemetaan SMK Negeri 2 Yogyakarta.diambil 12 oktober 2017, dari http: // eprints. uny. ac. id/20948/1/Nurul%20Dwi%20R.W.S%2011505247001.pdf


Article Statistic

Abstract view : 414 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 367 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 susanto susanto, Riswan Jaenuddin, M.Djahir Basir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.