THE INFLUENCE OF FINANCIAL LITERACY, PARENTS' SOCIO-ECONOMIC STATUS, AND LIFESTYLE ON CONSUMPTIVE BEHAVIOR OF ADOLESCENTS

Muh Fahrurrozi(1*), Muhammad Rapii(2), Baiq Intan Fuji Lestari(3)
(1) Pendidikan Ekonomi, Universitas Hamzanwadi
(2) Pendidikan Ekonomi, Universitas Hamzanwadi
(3) Pendidikan Ekonomi, Universitas Hamzanwadi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v9i2.18621

Abstract

Consumptive behavior of adolescents causes them not to thought long in bought things that were not really needed. The purpose of this study was to find out (1) the consumptive behavior of junior high school students, and (2) the influence of financial literacy, socio-economics, and lifestyle on the consumptive behavior of junior high school adolescents. Where this research uses a quantitative approach with the ex post facto method with a total sample of 36 students. Collecting data using tests, questionnaires and documentation and questionnaires. Data analysis used multiple linear regression. The results of the descriptive analysis showed that the level of adolescent consumptive behavior was 64% having moderate consumptive behavior, 22% adolescents having consumptive behavior in the high category, and 14% in the low category. The results showed that there was a significant influence between financial literacy, socioeconomic and lifestyle on consumptive behavior

Perilaku konsumtif remaja mengakibatkan remaja tidak berpikir panjang dalam membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perilaku konsumtif pada remaja siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan (2) pengaruh literasi keuangan, sosial ekonomi, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumitf remaja Sekolah Menengah Pertama. Dimana penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto dengan jumlah sampel penlitian yaitu 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat perilaku konsumtif remaja adalah 64% memiliki perilaku konsumtif sedang, 22% remaja memiliki perilaku konsumtif kategori tinggi, dan 14% kategori rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi keuangan, sosial ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif.

Keywords


Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif

References


Akyuwen, R., & Mangowal, C. (2018). Komparasi Peningkatan Inklusi Keuangan Dan Indikator Pembangunan Di Indonesia. Modus, 30(1), 96–109.

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131–140.

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.

Asisi, I. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 107–118.

Aulianingrum, R. D., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 15(2), 198–206.

Bonang, D. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga di Kota Mataram. J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 155–165.

Bryman, A., & Cramer, D. (2012). Quantitative data analysis with IBM SPSS 17, 18 & 19: A guide for social scientists. Routledge.

Damarullah, M., Fahrurrozi, M., & Subhani, A. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Lombok Timur. Genta Mulia, XII(1), 218–229.

Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 44–56.

Dewi, N., & Rusdarti, R. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Economic Education, 6(1), 29–35.

Idawati, I. A. A., & Pratama, I. G. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Kota Denpasar. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 2(1), 1–9.

Jumantini, E. (2018). Pengaruh Modernitas Individu dan Lingkungan Sosial Terhadap Gaya Hidup pada Siswa SMK Bisnis dan Manajemen Terakreditasi Adi Kota Bandung. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(01), 57–63. https://doi.org/10.25134/equi.v15i01.1072

Krisnawati, A. (2019). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi pada Masyarakat Kota Bandung. Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 301–312.

Lestari, A. S. B. (2015). Analisis kesulitan mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Pasuruan pada pokok bahasan teknik pengintegralan. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 3(1), 20–27.

Melinda, M., Lesawengen, L., & Waani, F. J. (2022). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. JURNAL ILMIAH SOCIETY, 2(1).

Mulyati, S., & Hati, R. P. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap terhadap Uang pada Pengelolaan Keuangan Keluarga. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2), 33–48.

Novitasari, A. T., & Septiana, A. (2021). Pengaruh Pendidikan Ekonomi dalam lingkungan keluarga terhadap perilaku konsumtif siswa. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 64–73.

Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas Hedonis Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 684–697.

Pohan, M., Jufrizen, J., & Annisa, A. (2021). Pengaruh Konsep Diri, Kelompok Teman Sebaya, Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Dimoderasi Literasi Keuangan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 402–419.

Pritaningrum, M., & Hendriani, W. (2013). Penyesuaian diri remaja yang tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik pada tahun pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 2(3), 134–143.

Putri, S. F., Widodo, J., & Martono, S. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Melalui Rasionalitas Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri se-Kota Semarang). Journal of Economic Education, 5(2), 179–192.

Ramadhani, R. H. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Electronic Money, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Strata-1 Manajemen Universitas Sumatera Utara).

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 14–28.

Wijayanti, A., & Astiti, D. P. (2017). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif remaja di kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 41–49.

Zuhri, S., Fajriah, N., Wibowo, R. T. H., Prakoso, A. A. D., Indriani, R. O., Windari, A. T., Thomas, C., Auliya, A. Z., Annisa, M., & Yusuf, M. (2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat (Vol. 5). Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang.


Article Statistic

Abstract view : 322 times
PDF views : 203 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muh Fahrurrozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.