PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Lusiana Saparah(1*), Dian Permana Putri(2), Rochanda Wiradinata(3)
(1) Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
(2) Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
(3) Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v9i2.18879

Abstract

Character education must be instilled in students in the learning process, especially in Economics subjects, so that it is hoped that students will be more ready to accept Economics subject matter and be able to understand the content of the material presented by the teacher, and be able to develop their knowledge more broadly. This study aims to determine whether there is an effect of character education and learning readiness on student learning outcomes in Economics subject at MA Basuraga Balerante Palimanan Cirebon. The method used in this research is descriptive research method with a quantitative approach. The results of the analysis in this study indicate that there is an influence between character education and learning readiness on student learning outcomes in the subject of Economics at MA Basuraga Balerante Palimanan Cirebon. From the results of the research that has been done, it can be concluded that the variable character education (X1) and learning readiness (X2) partially and simultaneously affect student learning outcomes (Y)

Pendidikan karakter harus ditanamkan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Ekonomi, sehingga sangat diharapkan peserta didik dapat lebih siap menerima materi pelajaran Ekonomi serta dapat memahami isi materi yang disampaikan oleh guru, dan dapat mengembangkan ilmu pengetahuannya dengan lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan karakter dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di MA Basuraga Balerante Palimanan Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisa pada penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara pendidikan karakter dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di MA Basuraga Balerante Palimanan Cirebon. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel pendidikan karakter (X1) dan kesiapan belajar (X2) secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (Y).

Keywords


Pendidikan Karakter, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar

References


Andriyani, W., & Suryani, N. (2017). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Belajar Peserta Didik Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 218–228.

F.P., & Karneli,Y. (2020). Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Behavioral. Al-Irsyad,Jurnal Pendidikan dan Konseling 10(1), 96. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7657.

Fahrurrazi.(2020). Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi, dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA Swasta di Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan IPS, 3(3), 176–184. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/herodotus/article/view/7979.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, Heri. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hardani Ustiawaty, J. A. H. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Harmini, T. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Kalkulus. MATHLINE : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145–158. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i2.42.

Jannah, N. U. (2018). Pengaruh Pembelajaran berbasis Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar Siswa di MTS Negeri 9 Sleman. 13423136, 1–10.

Mahmud. (2017). Psikologi Penddikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Reza Muhammad, N. F., & A. Sobandi (2020). Dampak Fasilitas Belajar dan Kesiapan Belajar dalam Mningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 5(2), 129-139. E-ISSN 2656-4734.

Mulyani, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS di SMA Negeri I Wonoayu, Sidoarjo. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 4(2), 320–328.

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 27-31.

Oktaria, T. A., & Jaenudin, R. (2017). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Muara Padang Banyuasin Sumatera Selatan. JUrnal Profit, 4(2), 145–154. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5593

Pratama, A. R. (2017). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Biologi pada Materi Sel Kelas XI SMA Negri 5 Tanjung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahmatullah, Rasyid. (2020). Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X UPT SMK Negeri 1 Gowa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Samani, Hariyanto. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sefani, L. L. J. (2017). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Siswa Kelas Xi Is Sma Negeri 14 Semarang. Jurusan Pendidikan Ekonom, 6(1), 36–46.

Sinaga, R., Sitorus, & Janson Silaban, P. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SD Negeri 114344 Blok III Tanjung Pasir. XII(1), 162–169.

Sinta, V. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 11–20.

Sudjana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400

Umam, K. A., & Fakhruddin. (2016). Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar peserta didik program paket C. Journal of Non-Formal Education, 2(2), 162–167.

Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13.

Widiarti, Endah (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial di SMA Negeri 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Ekonomi 7 (4), 298-305.


Article Statistic

Abstract view : 360 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 263 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 LUSIANA SAPARAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.