STUDI EKSISTENSI WIRAUSAHA ALUMNI S-1 UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2013–2019
Abstract
Growing students' interest and mindset in entrepreneurship require various appropriate steps including implementing entrepreneurship education and training as well as encouraging entrepreneurial motivation through role models that can inspire entrepreneurship. This study aims to find out 1) the efforts made by Sriwijaya University alumni in developing the businesses they started as students, and 2) the efforts to maintain the existence of the businesses they built when they became alumni. The qualitative research approach was used by distributing questionnaires via google form, conducting field visits, and conducting in-depth interviews with respondents to obtain the required data according to the research focus. Respondents in this study totaled 32 respondents who were undergraduate alumni of Sriwijaya University from 2013-2019. Based on the research that has been done, the results show that in developing a business, alumni have had the intention, determination, interest, and experience in entrepreneurship that they have had since they were students. In addition, in maintaining the business, alumni continue to innovate related to business products, expand networks/partners, and continue to adapt to developments in information technology in expanding marketing reach.
Menumbuhkan minat dan pola pikir mahasiswa dalam berwirausaha membutuhkan berbagai langkah yang tepat diantaranya penerapan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan maupun mendorong motivasi berwirausaha melalui role model yang dapat menginspirasi untuk berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) usaha-usaha yang dilakukan alumni Universitas Sriwijaya dalam mengembangkan usaha yang dirintisnya sejak mahasiswa, dan 2) usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka mempertahankan eksistensi usaha yang dibangunnya ketika telah menjadi alumni. Pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan dengan cara menyebar angket melalui geogle form, melakukan kunjungan lapangan dan melakukan wawancara secara mendalam terhadap responden guna memperoleh data yang dibutuhkan sesuai dengan fokus penelitian. Responden dalam penelitian ini berjumlah 32 responden yang merupakan alumni S1 Universitas Sriwijaya tahun 2013-2019. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa dalam mengembangkan usaha para alumni telah memiliki niat, tekad, minat dan pengalaman berwirausaha yang diperolehnya sejak masih menjadi mahasiswa. Selain itu, dalam mempertahankan usaha, para alumni terus melakukan inovasi terkait produk usaha, memperluas jejaring/mitra, dan terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dalam memperluas jangkauan pemasaran.
Keywords
References
Abdilla (2020). Teten: Jumlah Wirausahawan di Indonesia masih Terlalu Kecil. Diakses pada 1 Juni 2021 dari https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/08/31/teten.
Anggraini, F., Ilhamda, T., & Nurhuda, N. (2020). Peranan Intellectual Capital dan Orientasi Kewirausahaan Pada Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Benefita, 5(2), 238-251.
Banggawan, B. (2015). Mempertahankan eksistensi bisnis, diakses pada Juli 2021, https://smart-money.co/bisnis/strategi-pertahankan-eksistensi-bisnis
Bisnis.tempo.co. 2021. Menteri Teten: Tingkat Kewirausahaan RI Masih Rendah dari Negara Tetangga. Diakses pada 6 Juli 2021. https://bisnis.tempo.co/read/1454848/menteri-teten-tingkat-kewirausahaan-ri-masih-lebih-rendah-dari-negara-tetangga.
Efendi, S., Pratiknyo, D., & Sugiono, E. (2019). Manajemen Operasional.
Fajriah, N. (2016). Identifikasi tingkat partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan program PLPBK di kota Malang (Studi Kasus: Kampung Sumber Ringin Kelurahan Kota Lama) (Doctoral dissertation, ITN Malang).
Fauziah, J. R. (2018). PENGARUH PROGRAM PELATIHAN WIRAUSAHA BANK INDONESIA, SARANA PRODUKSI DAN TENAGA KERJA TERHADAP HASIL PENJUALAN UMKM (Survey terhadap UMKM penerima bantuan program pelatihan Wirausaha Bank Indonesia di Kota Bandung) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).
Gie. 2020. Mengetahui Pentingnya Penetapan Harga Secara Lengkap Bagi Bisnis. Diakses pada 05 Juli 2021, dari https://accurate.id/marketing-manajemen/
Gie. 2020. Strategi Penetapan Harga: Cara, Metode dan Fungsinya. Diakses pada 06 Juli 2021, dari https://accurate.id/ekonomi-keuangan/
Hidayat, S., Saleh, M., & Saefullah, E. (2018). Kajian intensi mahasiswa manajemen di kota serang untuk menjadi wirausaha. IKRAITH-EKONOMIKA, 1(2), 155-163.
Ismail, Ibnu. 2021. Karakter Pemimpin Seperti Ini yang Harus Anda Miliki Untuk Membangun Bisnis. Diakses pada 06 Juli 2021, dari https://accurate.id/bisnis-ukm/
Lifepal.co.id. 2020. Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulai usaha?. Diakses pada 4 Mei 2021. Dari https://lifepal.co.id/media/memulai-usaha-dan-waktu-tepatnya/
MA AL Ahrom. 2021. Peluang Usaha: Pengertian, Identifikasi, Hingga Analisis SWOT. Diakses pada 07 Juli 2021, dari https://mas-alahrom.my.id
Mahanani, E., & Sari, B. (2018). Peer Review Jurnal dengan Judul: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI.
Maryanti, E. (2016). Analisis Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek indonesia. Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, vol.1 No.2, 143-151.
Miles, M.B., Huberman, A.M. 2005. Qualitative Data Analysis. Jakarta: UI Press.
Nurani, M. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (studi Pada Sentra UMKM Keripik Pisang Jalan ZA. Pagar Alam Kota Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Perdamaian, P. D. J., Puspita, A., & Frida, N. (2020). Analisis Strategi Mempertahankan dan Mengembangkan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19 Serta Mengetahui Dampak Perkembangan dan Pertumbuhan COVID-19 di Indonesia. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 28-36.
Ramadhani, A. (2020). Strategi Peningkatan Produksi Ubi Kayu (Kasus: Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai).
Riadi, R. (2020). Pengaruh Pengalaman Usaha Terhadap Pengembangan Usaha Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Sebagai Variabel Intervening (Kajian Empiris Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Di Medan Utara). Jurnal Penelitian Medan Agama, 11(1).
Romdonny, J., & Rosmadi, M. L. N. (2018). Peran media sosial dalam mendukung pemasaran produk organisasi bisnis. IKRAITH-EKONOMIKA, 1(2), 25-30.
Saputra, Riyan Dani. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Diakses 10 Juli 2021, dari https://Jlm.feb.ub.ac.id/indek.php/jlmfeb/article.
Sihadi, I. P., Pangemanan, S. S., & Gamaliel, H. (2018). Identifikasi Kendala Dalam Proses Produksi Dan Dampaknya Terhadap Biaya Produksi Pada UD. Risky. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(04).
Universitas Sriwijaya. 2021. Panduan PMWUnsri. Diakses pada 16 Juli 2021, dari https://www.coursehero.com.
Wardana, Raditya. 2020. 13 Faktor Keberhasilan Wirausaha Yang Wajib Dimiliki. Diakses pada 16 Juli 2021, dari https://lifepal.co.id/media/13-faktor-keberhasilan-wirausaha-yang-wajib-dimiliki-pengusaha/
Wardhani, S. L., & Kusuma, M. W. (2021). Pengaruh Personal Attitude dan E-learning terhadap Minat Berwirausaha pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 11(1), 90-104.
Whulandari, R., & Zuraya, N. (2020). BI: Transaksi ATM dan kartu debit turun selama pandemi.
Article Statistic
Abstract view : 174 timesPDF views : 119 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ikbal Barlian, Supriyanto Supriyanto, Deskoni Deskoni, Aniek Hidrayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.