PENGARUH SELF EFFICACY DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA
Abstract
Upaya untuk meningkatkan kesadaran berwirausaha, diantaranya adalah dengan menumbuhkan minat dalam berwirausaha. Dengan minat yang terdapat pada siswa, maka siswa akan terdorong untuk mempelajari pengetahuan yang berkaitan dengan kewirausahaan lebih serius. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII IPS di MAN 1 Cirebon. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan data menggunakan kuesioner, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, status sosial ekonomi orang tua berpengaruh posistif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, serta efikasi diri dan status sosial ekonomi orang tua secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII di MAN 1 Cirebon
Keywords
References
Ambar, S. (2019). Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Orang Tua Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Labor Binaan FKIP UNRI. Jurnal Online Mahasiswa (JOM), 6(1), 298-308.
Anggraeni dan Harnanik. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirusahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(1), 42-52.
Anita, N., dkk. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Berwirausaha Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 14-24.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Barokah dan Yulianto. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 434-452.
Basrowi. (2014). Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Ghalia Indonesia. Bogor.
Burnama dan Fitrayati. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Sikap Berwirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unesa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(7), 99-104.
Evaliana, Y. (2015). Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1(1), 53-60.
Fanani, I., dkk. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Hehavior (OCB) (studi kasus rsu uki). Fundamental Management Journal. 1(1). 40-53.
Farida, S. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, ;ingkungan Keluarga, dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 273-295.
Fatimah, S. (2018). Pengaruh Potensi Diri, Prestasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Fakuktas Ekonomi di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2).
Feist, J., dan Feist, G. (2011). Teori Kepribadian. Jakarta : Salemba Humaika.
Fitrah, M., & Lutfiyah. (2017). Metodologi Penelitian : Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak.
Florina dan Zagoto. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 386-391.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Undip.
Hamidah. (2014). Pengaruh Self Efficacy, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4(2), 96-206.
Hardani, A. H., Ustiwaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April). CV Pustaka Ilmu.
Indrawan., dkk. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.
Jailani dkk. (2017). Pengaruh Kewirausahaan, Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Orang Tua dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Journal of Economic Education, 6(1), 52-59.
Kurniawan dkk. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Dan Kepribadian Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self Efficacy. Journal Of Economic Education, 5(1), 100-109.
Marini, K. (2014). Pengaruh Self Efficacy Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195-207.
Munawar, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kaluni, 6(2), 398-406.
http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni,v2i0.105.
Napitupulu, S. D. (2019). Proses Pembelajaran Melalui Interaksi Edukatif Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Tazkiya. Vol.8, No. 1. Hal. 125-138.
Nurjannah dan Kusmuriyanto. (2016). Pengaruh Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Dan LingkunganSosial Terhadap Minat Melanjtkan Ke Perguruan Tinggi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 495-503.
Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Purwanto, A., dkk. Studi Explorative Dampak Pandemic covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Jurnal oF Edunomic. 2(1), 15-31.
Rachmawan, A., dkk. (2015). Peran Orang Tua Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha. Journal Of Developing Areas. 49(3), 417-430.
Rakhmanita, A., & Vidada, I. A. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Poperti di Kota Tangerang. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 1(11), 203–211.
Ratna Sari, D. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017-2018 FKIP Universitas Jambi. S1 Thesis, Universitas Jambi.10-42.
Riduwan. (2015). Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sa’adah dan Mahmud. (2019). Pengaruh Penggunaan Instragram Dan Efikasi Diri Melalui Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 18-30.
Siyoto, S., & Muhammad A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND). Bandung: Alfabeta.
Sunarti, I. (2018). Pengaruh Kecerdasaan Emosi, Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kuningan. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(2), 16-33. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.
Sujarweni, W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukmadinata, N.S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, C. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan. Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 2(3), 277-268.
Thohir dkk. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi Dan Percaya Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan. 4(2), 149-163.
Wijaya dkk. (2015). Intensi Berwirausaha Mahasiswa: Perspektif Pengambilan Resiko. Jurnal Siasat Bisnis, 19(2), 109-123.
Wulandari, R., dkk. (2013). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(10), 6-14.
Article Statistic
Abstract view : 413 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 433 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yopi Nisa Febianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.