• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET DENGAN QR CODE PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG | Nur Afni Oktavia | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET DENGAN QR CODE PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG

    Siti Nur Afni Oktavia(1), Retna Ngesti Sedyati(2*), Tiara Tiara(3)
    (1) Pendidikan Ekonomi, Universitas Jember
    (2) Pendidikan Ekonomi, Universitas Jember
    (3) Pendidikan Ekonomi, Universitas Jember
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v10i1.19646

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar booklet dengan QR Code yang menarik, efektif dan efisien pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang untuk kelas XII IPS di SMAN Ambulu. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Four-D, namun hanya sampai pada tahap pengembangan saja. Instrumen pengumpulan data meliputi angket, lembar uji kelayakan, wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data meliputi uji kemenarikan, efektivitas dan efisiensi bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan tingkat daya tarik siswa terhadap bahan ajar sebesar 93,80% (sangat menarik). Efektivitas bahan ajar ditunjukkan dengan hasil t-hitung > t-tabel yaitu 6,986 > 2,000. Efisiensi bahan ajar ditunjukkan dengan penggunaan alokasi waktu yang lebih singkat dibandingkan waktu yang ditentukan dalam silabus, yaitu dari 8JP menjadi 6JP saja. Bahan ajar booklet dengan QR Code merupakan bahan ajar yang menarik, efektif dan efisien. Bahan ajar ini dapat dimanfaatkan guru dan siswa kelas XII IPS sebagai bahan ajar tambahan serta dapat dikembangkan lebih lanjut untuk materi yang lainnya

    Keywords


    Pengembangan, Bahan Ajar, Booklet, QR Code, Jurnal Penyesuaian.

    References


    Amri, S., & Rohman, M. (2014). Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

    Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

    Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

    Asrowi, H. A., & Hanif, M. (2019). The impact of using the interactive e-book on students' learning out comes. International Journal of Instuction, 709-722.

    Darmanto, Y. H., & Hermawan, B. (2015). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Berbasis Mobile Learning. Jurnal Nasional Teknik Informatika, 1-6.

    Fadilah, H. R., & Lukman, H. (2021). Penerapan Mode Problem Based Learning Berbantuan Buku Ajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perbankan Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 168-177.

    Ginanjar, S., Tiara, & Sri, K. (2022). Pengembangan Modul Digital Akuntansi untuk Siswa Kelas XII Akuntansi SMKN 1 Jember. Edunomia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 31-39.

    Guo, D., Cao, J., Wang, J., Fu, X., & Li, Q. (2016). Combating QR-Code Based Compromised Accounts in Mobile Social Networks. Retrieved from Journal Sensor: https://doi.org/10.3390/s16091522

    Hamalik, O. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

    Hasibuan, Z. A. (2016). Retrieved from https://bsnp-indonesia.org/wpcontent/uplods/2016/10/Buletin-BNSP-Edisi-3-2016

    Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Kencana.

    Lee, J., Lee, I., & Kwoon, Y. (2011). Scan & Learn! Use of Quick Response Code & Smartphoners in a Biology Field Study. The American Biology Teacher, 485-492.

    Mascita, D. E. (2021). Mendesain Bahan Ajar Cetak dan Digital. Bandung: Media Sains Indonesia.

    Muwallidah, M., Sedyati, R. N., & Ani, H. M. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi KD Sistem dan Alat Pembelajaran Kelas XI IPS di SMAN 2 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 140-147.

    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. http://repositori.kemdikbud.go.id/4790/1/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022.pdf

    Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

    Purnasari, D. P., & Yosua, D. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Publikasi Pendidikan, 189-196.

    Putra, N. S., & Rochmawati. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan dan Keuangan Micro Berbasis Contextual Teaching ang Learning (CTL). Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi FKIP, 61-71.

    Putri, N. M., & Saino. (2020). Pengembangan Booklet sebagai Media Pembelajaran pada Mata pelajaran Pengolahan Bisnis Ritel Materi Perlindungan Konsumen Kelas XI BDP diSMKN Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 925-931.

    Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

    Sari, P. R., Sutrisno, D., & Sri, K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Sistem Appy Pie pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa untuk Kelas XI IPS di SMA NEGERI 2 JEMBER. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 91-97.

    Setyawati, Y., & Widodo, J. (2020). Pengembangan Economics Edutainment Book Penunjang Bahan Ajar Pokok Bahasan Teori Perilaku Konsumen. Economic Education Analysis Journal, 277-294.

    Sugiana, D., & Dedi, M. (2019). Augmented Reality Type QR Code: Pengembangan Perangkat Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional & Call Papers (pp. 135-140). Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

    Tiara. (2015). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Moodle Pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Untuk Siswa Kelas XII IPS Semester Gasal di SMA Negeri 4 Jember. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis 2015 (SNPE). Surakarta: Universitas Sebelas Maret .

    Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontesktual. Jakarta: Prenada Media.

    Utami, A. F., & Rochmawati. (2017). Pengembangan Booklet Pendekatan Saintifik Sebagai Bahan Ajar Materi Piutang Wesel untuk Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1-7.


    Article Statistic

    Abstract view : 306 times
    PDF (Bahasa Indonesia) views : 245 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Siti Nur Afni Oktavia, Retna Ngesti Sedyati, Tiara Tiara

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.