PROFIL KOMPETENSI PENGELOLAAN WIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Dewi Koryati(1*), Yuliana FH(2), Firmansyah Firmansyah(3)
(1) Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya
(2) Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya
(3) Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v10i1.20770

Abstract

Menumbuhkan semangat wirausaha di kalangan mahasiswa dapat dimulai dengan mendorong minat dan intensi berwirausaha pada mahasiswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi profil 39 wirausahawan mahasiswa berdasarkan 3 variabel: 1) Perencanaan Bisnis; 2) Kreativitas dan Inovasi Bisnis; 3) Manajemen Bisnis. Pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara terstruktur. Uji validitas eksternal menggunakan product moment dan uji reliabilitas dengan uji alpha. Data kuesioner dianalisis menggunakan rumus persentase dan diklasifikasikan dalam tabel kategori profil wirausaha (dasar, sedang, lanjutan). Wawancara dengan 10 responden dipilih secara acak berdasarkan skor kategori perwakilan. Hasil penelitian wirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi menunjukkan kemampuannya dalam menjalankan usaha dengan mengikuti minat dan keterampilannya. Mereka sebagian besar diklasifikasikan sebagai profil pengusaha paruh waktu dan sisanya adalah pengusaha milik keluarga. Aspek perencanaan usaha masuk dalam kategori maju, aspek kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam kategori kewirausahaan maju, dan aspek pengelolaan usaha masuk dalam kategori sedang

Keywords


Profile, Student Entrepreneur

References


Abu, N. H., Abidin, F. Z., & Zaidi, M. F. A. (2018). Single Mother Entrepreneurs Business Profile: a Case Study in Northern Region. 2Nd Conference on Technology and Operations Management (2Ndctom): Emerging Issues in Technology and Operations Management in Era of Change, August, 262–271.

Alma, B. (2019). Kewirausahaan: untuk Mahasiswa dan Umum. Alfabeta.

Alonso-Vazquez, M., del Pilar Pastor-Pérez, M., & Alonso-Castañón, M. A. (2018). Management and Business Plan. In M. Sotiriadis (Ed.), The Emerald Handbook of Entrepreneurship in Tourism, Travel and Hospitality (pp. 153–168). Emerald Publishing Limited.

Anbazhagi, J., & Kulothungan, K. (2021). Entrepreneurial Intention of Business Students. Journal of Interdisciplinary Cycle Research, 12(10), 54–63.

Cahya, B. T., Fatmawati, F., & Supriyadi, S. (2019). Meretas Etos Digital Preneur Melalui Dropship Online Business Berbasis E-Commerce. Conference on Islamic Studies FAI 2019, 0(0), 50–64. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/cois/article/view/8075

Corbett, A. C., & Katz, J. A. (2016). Models of Start-up Thinking and Action: Theoretical, Empirical, and Pedagogical Approaches. Emerald Group Publishing.

Deskoni, FH, Y., & Firmansyah. (2021). Studi Deskriptif pendirian Usaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(2), 102–111.

Hossain, M. M., Momin, M. A., Rowe, A. L., & Quaddus, M. (2017). Corporate social and environmental reporting practices: A case of listed companies in Bangladesh. Sustainability Accounting, Management and Policy Journal, 8(2), 138–165. https://doi.org/10.1108/SAMPJ-04-2015-0027

Komara, B. D., & Bagus Setiawan, H. C. (2020). Inkubator Bisnis Sebagai Pendorong Tumbuhnya Wirausaha Muda: Studi Tentang Suksesi Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Riset Entrepreneurship, 3(1), 33. https://doi.org/10.30587/jre.v3i1.1159

Nofriansyah, D. (2020). Bisnis Online: Strategi dan Peluang Usaha. Yayasan Kita Menulis.

Pahlevi, M. R. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Aston Jember. Universitas Jember.

Primandaru, N. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Economia, 13(1), 68–78. https://doi.org/10.21831/economia.v13i1.13276

Purwantini, S., Rusdianti, E., & Wardoyo, P. (2021). Kreativitas Kewirausahaan. Jurnal Tematik, 3(2), 192–198.

Reis, D. A., & Fleury, A. (2018). Brazilian Students’ Entrepreneurial Intentions, Confidence and Competences. Innovation Management, Entrepreneurship and Sustainability (IMES 2019), 890–911.

Setyadi, A. (2020). Kewirausahaan: Perencanaan Bisnis di Era Digital. Mitra Wacana Media.

Www.gemconsortium.org. (2021). Global Enterpreneurship Report 2020/2021 Global Report. https://www.gemconsortium.org/report/gem-20202021-global-repor.


Article Statistic

Abstract view : 223 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 224 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dewi Koryati, Yuliana FH, Firmansyah Firmansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.