ANALYSIS OF FACTORS INFLUENCING DECISION PURCHASE OF STUDENTS FASHION PRODUCTS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk fashion pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu stratified random sampling dan acidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 63 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Adapun tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner dengan skala likert 5 poin. Untuk tehnik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pangaruh antara bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian, faktor psikologi terhadap kepuasan pembelian dan faktor situasional terhadap keputusan pembelian kecuali faktor sosial. Oleh karenanya, bauran pemasaran, faktor psikologi, situasional dan kator sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian
Keywords
References
Abdillah, J. J., Wiyono, V. H., & Samudro, B. R. (2019). Analisis Pola Konsumsi Dan Kemiskinan Di Jawa Tengah. Research Fair Unisri, 3(1).
Alvanico, D. (2022). Gaya Hidup Konsumsi Fashion Santri Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Paradigma, 11(1).
Aprilyan, Y., & Sasanti, E. E. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 292–306.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.
Ariska, F. M., & Qurniawan, B. (2021). Perkembangan impor beras di Indonesia. Journal of Agriculture and Animal Science, 1(1), 27–34.
Ayu, P. (2023). Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Barang Online: Literatur Review. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 254–259.
Dewanto, A. C., Moniharapon, S., & Mandagie, Y. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Dewi, K., Nas, S., & Riadi, R. M. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Memutuskan Pembelian Android oleh Mahasiswa Fkip Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–10.
Ebang, F. R. S. O., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Marketing Mix Dan Faktor Situasional Terhadap Keputusan Pembelian Masker Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1321–1327.
Fachrurazi, H., Kuswibowo, C., Azanda, S. H., SIA, M. S., Chadidja, S. R., Muhamad, L. F., MM, M. P., Pilifus Junianto, S. S., Suksesty, C. E., & St, S. (2023). Perilaku Konsumen. Cendikia Mulia Mandiri.
Fadhli, K., Aprilia, E. D., & Putra, I. A. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Minyak Goreng Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(2), 96–104.
Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku konsumen di era digital: Beserta studi kasus. Universitas Brawijaya Press.
Gallucci, V. F., Saila, S. B., Gustafson, D. J., & Rothschild, B. J. (2023). Stock Assessment: Quantitative methods and applications for small scale fisheries. CRC Press.
Grewal, D., Compeau, L. D., & Levy, M. (2011). Evolving pricing practices: The role of new business models. Journal of Product & Brand Management, 20(7), 510–513. https://doi.org/10.1108/10610421111181813/FULL/XML
Grewal, D., Motyka, S., & Levy, M. (2018). The evolution and future of retailing and retailing education. Journal of Marketing Education, 40(1), 85–93.
Harun, S. A., Fauzi, M. A., & Sulaiman, N. S. (2022). Examining consumer’s purchasing behavior of energy-efficient appliance through the lenses of theory of planned behavior and environmental factors. Management of Environmental Quality: An International Journal.
He, J., Zhou, W., Qing, C., & Xu, D. (2023). Learning from parents and friends: The influence of intergenerational effect and peer effect on farmers’ straw return. Journal of Cleaner Production, 393, 136143.
Hoang, L. N., & Tung, L. T. (2023). A moderated mediation model of situational context and brand image for online purchases using eWOM. Journal of Product & Brand Management, 32(4), 661–672.
Hudani, A. (2020). Pengaruh faktor budaya, faktor social, dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 99–107.
Jamil, A. S. (2019). Daya Saing Perdagangan Kopi Indonesia di Pasar Global. Agriekonomika, 8(1), 26. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v8i1.4924
Kelen, L. H. S., & Rifaldy, M. (2022). Survei Praktik Keuangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Strategic: Journal of Management Sciences, 2(3), 85–95.
Khotimah, H., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). Sikap Konsumen dan Gaya Hidup Mahasiswa dalam Keputusan Pembelian Produk Fashion Melalui Minat Beli. Journal of Economic Education, 5(2), 110–121.
Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015). Marketing. Pearson Higher Education AU.
Marpaung, N. N. (2022). The Influence of The Marketing Mix on Buying Decision (Study on Rb Collection Pasar Baru Bekasi). International Journal of Education, Information Technology, and Others, 5(2), 166–176.
Masriansyah, L. (2020). Go Digitial and Customer Relationship Marketing sebagai Strategi Pemulihan Bisnis UMKM yang Efektif dan Efisien di Masa Adaptasi New Normal. Equator Journal of Management and Entrepreneurship, 8(4), 126–140.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 165–173.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa Creative.
Nurbudiyani, I., Sonedi, S., Suyati, E. S., & Pratama, M. R. F. (2019). Development of Micro, Small and Medium Enterprises Rattan Woven Crafts in Central Kalimantan, Indonesia. Anterior Jurnal, 18(2), 132–142.
Pramadyanto, M. R. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Brand Fashion Streetwear Urbain Inc. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 69–92.
Pribudi, S. (2018). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Shoesholic Shop Tunjungan Plaza Surabaya. Agora, 6(1).
Rahmi, A., & Yogia, M. A. (2019). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dikalangan Mahasiswa ( Study Kasus Mahasiswa Fisipol Universitas Islam Riau ). Jurnal Valuta, 1(1), 149–172.
Rodgers, W., & Nguyen, T. (2022). Advertising benefits from ethical artificial intelligence algorithmic purchase decision pathways. Journal of Business Ethics, 178(4), 1043–1061.
Saharuddin, A., Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2019). Literation of Education and Innovation Business Engineering Technology. Ummaspul.E-Journal.Id, 1, 1–8.
Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.
Sarra, F. S., Sisilya, A. M. A., & Masnita, Y. (2023). Initial Chatbot Trust Menggunakan Teori Utaut Terhadap Perceived Ease Of Use. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 63–77.
Statistik, B. P. (2021). Rata?Rata Pengeluaran per Kapita Sebulan Untuk Makanan dan Bukan Makanan di Daerah Perkotaan dan Perdesaan Menurut Provinsi (rupiah), 2011-2021.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Alvabeta Bandung, CV.
Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y. L., & Hendikawati, P. (2018). Analisis prediksi quick count dengan metode stratified random sampling dan estimasi confidence interval menggunakan metode maksimum likelihood. Unnes Journal of Mathematics, 7(1), 108–119.
Wang, Y., & Li, C. (2022). Differences between the formation of tourism purchase intention and the formation of actual behavior: A meta-analytic review. Tourism Management, 91, 104527.
Yeo, S. F., Tan, C. L., Kumar, A., Tan, K. H., & Wong, J. K. (2022). Investigating the impact of AI-powered technologies on Instagrammers’ purchase decisions in digitalization era–A study of the fashion and apparel industry. Technological Forecasting and Social Change, 177, 121551.
Zhou, W., Mok, P. Y., Zhou, Y., Zhou, Y., Shen, J., Qu, Q., & Chau, K. P. (2019). Fashion recommendations through cross-media information retrieval. Journal of Visual Communication and Image Representation, 61, 112–120.
Article Statistic
Abstract view : 279 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 297 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muh Fahrurrozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.