KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN EKONOMI
Abstract
PTK merupakan penelitian yang digunakan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X.2 pada pembelajaran Ekonomi melalui model PjBL di SMAN 13 Palembang. Penelitian dilakukan di SMAN 13 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2022-2023 dan melibatkan 41 peserta didik di kelas X.2. Prosedur penelitian tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi siklus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dari hasil tes berpikir kritis siswa selama proses pembelajaran. Hasil tes siklus I ke siklus II, kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat 16%, dan kemampuan berpikir kritis meningkat 12% dari siklus II ke siklus III dan kemampuan berpikir kritis meningkat 29% dari siklus I ke siklus III. Peneliti menyarankan agar pendidik dapat melatih kemampuan dalam mengelola informasi yang diperoleh oleh peserta didik baik dari berbagai sumber belajar agar dapat meningkatkan kemampuan mengelola informasi dalam kemampuan berpikir kritis
Keywords
References
Anggraini, P. D. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Volume 9, Nomor 2, 2021
Darmuki, H. d. (2023). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Educatio, Vol. 9, No. 1, 2023, pp. 15-22, 19. DOI: 10.31949/educatio.v9i1.3064
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Jurnal Upi, 216.
Fitri, W. J., Mamunah & Elfis Suanto. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Pekanbaru pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal Unnes, PRISMA 2023, Vol. 6, -991.
Lestari. (2023). Model-model untuk kurikulum merdeka di era socieity 5.0. Bandung: NilaCakra. 25
Lugiati. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menggunakan Audio Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Action Research, Volume 4, Number 4, Tahun Terbit 2020, pp. 481-492. https://doi.org/10.23887/jeiar.v4ii4.28645
Lukman, St Maryam & Muhammad, F. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Projeict Baseid Leiarniing (PjBL) Untuk Meiningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Rantai Makanan Di Kelas V UPT SD Negeri 255 Pinrang. JUARA SD: Jurnal Peindiidiikan dan Peimbelajaran Sekolah Dasar, Volume 2 Nomor 1 Maret Tahun 2023, 58.
Mengei, R., Ermelinda, Y. A. & Maria, P. W (2022). Upaya Meiningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Modei Projeit Based Learning Teima Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas Iv Sd Waea Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan , 25. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i1.293
Pamungkas, D., Mawardi & Suhandi, A. (2019 ). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Keias IV Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17774
Prayoga & Nadiar. (2021). Liteiratur Rivieiw: Penerapan Media Sketchup Dengan Model Pembelajaran Projeict Based Leiarning (Pjbl) Pada Materi Menggambar Potongan Rumah 1 Lantai Di Smk. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), Volume 7 Nomor 2 Tahun 2021. ISSN: 2252-5122.
Sitohang, K. (2019). Berpikir Kritis Kecapakan Hidup di Era Digital. Yogyakarta: PT Kanisius. 37
Sumardiana, Arif Hidayat & Parno. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Project Based Learning diseirtai STEM Siiswa SMA pada Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 4 Nomor: 7 Bulan Juli Tahun 2019. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12618
Triningsih & Mawardi. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Project Based Leiarning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. Jurnal Riset Pendidikan dasar, 03 (1), (2020) 51-56. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228
Warniasih. (2019). Workshop Dan Pendampingan Ptk Kolaboratif di Sd N Tamansari 1 Dan 2 Yogyakarta. Jurnal Berdaya Mandiri, Vol. 1 No. 2 Tahun 2019. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i2.630
Winarti, dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Seikolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 8 No. 3, Juli 2022. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419
Zahyuni, V., Yantoro & Suci, H. (2021). Penerapan Pendekatan Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar pada Mahasiswa PGSD FKIP Univeirsitas Jambi Semester Ganjil 2021/2022. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 7, No.8, Desember 2021, 333. DOI : 10.5281/zeinodo.5769601
Article Statistic
Abstract view : 364 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 222 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Difa Zakiah Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.