KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN EKONOMI

Difa Zakiah Pratiwi(1), Nelly Sukmawati(2), Siti Fatimah(3*)
(1) PPG Pendidikan Ekonomi, Universitas Sriwijaya
(2) Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Palembang
(3) Pendidikan Ekonomi, Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v10i2.21648

Abstract

PTK merupakan penelitian yang digunakan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X.2 pada pembelajaran Ekonomi melalui model PjBL di SMAN 13 Palembang. Penelitian dilakukan di SMAN 13 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2022-2023 dan melibatkan 41 peserta didik di kelas X.2. Prosedur penelitian tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi siklus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dari hasil tes berpikir kritis siswa selama proses pembelajaran.  Hasil tes siklus I ke siklus II, kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat 16%, dan kemampuan berpikir kritis meningkat 12% dari siklus II ke siklus III dan kemampuan berpikir kritis meningkat 29% dari siklus I ke siklus III. Peneliti menyarankan agar pendidik dapat melatih kemampuan dalam mengelola informasi yang diperoleh oleh peserta didik baik dari berbagai sumber belajar agar dapat meningkatkan kemampuan mengelola informasi dalam kemampuan berpikir kritis

Keywords


Berpikir Kritis, Project Based Learning

References


Anggraini, P. D. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Volume 9, Nomor 2, 2021

Darmuki, H. d. (2023). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Educatio, Vol. 9, No. 1, 2023, pp. 15-22, 19. DOI: 10.31949/educatio.v9i1.3064

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Jurnal Upi, 216.

Fitri, W. J., Mamunah & Elfis Suanto. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Pekanbaru pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal Unnes, PRISMA 2023, Vol. 6, -991.

Lestari. (2023). Model-model untuk kurikulum merdeka di era socieity 5.0. Bandung: NilaCakra. 25

Lugiati. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menggunakan Audio Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Action Research, Volume 4, Number 4, Tahun Terbit 2020, pp. 481-492. https://doi.org/10.23887/jeiar.v4ii4.28645

Lukman, St Maryam & Muhammad, F. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Projeict Baseid Leiarniing (PjBL) Untuk Meiningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Rantai Makanan Di Kelas V UPT SD Negeri 255 Pinrang. JUARA SD: Jurnal Peindiidiikan dan Peimbelajaran Sekolah Dasar, Volume 2 Nomor 1 Maret Tahun 2023, 58.

Mengei, R., Ermelinda, Y. A. & Maria, P. W (2022). Upaya Meiningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Modei Projeit Based Learning Teima Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas Iv Sd Waea Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan , 25. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i1.293

Pamungkas, D., Mawardi & Suhandi, A. (2019 ). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Keias IV Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17774

Prayoga & Nadiar. (2021). Liteiratur Rivieiw: Penerapan Media Sketchup Dengan Model Pembelajaran Projeict Based Leiarning (Pjbl) Pada Materi Menggambar Potongan Rumah 1 Lantai Di Smk. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), Volume 7 Nomor 2 Tahun 2021. ISSN: 2252-5122.

Sitohang, K. (2019). Berpikir Kritis Kecapakan Hidup di Era Digital. Yogyakarta: PT Kanisius. 37

Sumardiana, Arif Hidayat & Parno. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Project Based Learning diseirtai STEM Siiswa SMA pada Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 4 Nomor: 7 Bulan Juli Tahun 2019. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12618

Triningsih & Mawardi. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Project Based Leiarning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. Jurnal Riset Pendidikan dasar, 03 (1), (2020) 51-56. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228

Warniasih. (2019). Workshop Dan Pendampingan Ptk Kolaboratif di Sd N Tamansari 1 Dan 2 Yogyakarta. Jurnal Berdaya Mandiri, Vol. 1 No. 2 Tahun 2019. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i2.630

Winarti, dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Seikolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 8 No. 3, Juli 2022. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419

Zahyuni, V., Yantoro & Suci, H. (2021). Penerapan Pendekatan Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar pada Mahasiswa PGSD FKIP Univeirsitas Jambi Semester Ganjil 2021/2022. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 7, No.8, Desember 2021, 333. DOI : 10.5281/zeinodo.5769601


Article Statistic

Abstract view : 382 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 226 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Difa Zakiah Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.