PERAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MEMODERASI PENGARUH PRAKERIN, TEACHING FACTORY, KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak atau efek prakerin, teaching factory dan kreativitas terhadap keterampilan berwirausaha dengan motivasi berwirausaha sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XII BDP SMKN 1 Bawang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis SEM-PLS dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4nsebagai alat bantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prakerin memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berwirausaha. Teaching factory memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berwirausaha. Kreativitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berwirausaha. Motivasi berwirausaha tidak dapat memoderasi pengaruh prakerin terhadap keterampilan berwirausaha. Motivasi berwirausaha tidak dapat memoderasi pengaruh teaching factory terhadap keterampilan berwirausaha. Motivasi berwirausaha dapat memoderasi hubungan kreativitas terhadap keterampilan berwirausaha
Keywords
References
Adi, H. I. S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Teladan Vol.4. No.2 November 2019, 107–118. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/94/99
Adriani, E. (2019). Pengukuran Modal Manusia (Suatu Studi Literatur). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 4(1), 176. https://doi.org/10.33087/jmas.v4i1.86
Amalia, I. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Keterampilan Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Jakarta Timur. 121–123.
Ambarwati, N., & Rusdarti. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Motivasi Kerja dan Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 831–843. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42409
Anditiasari, N., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic literature review : pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 236–248.
Anggrayani, D., Susanto, A., & Al Baqi, S. (2020). Pengaruh Mengikuti Unit Bisnis Terhadap Peningkatan Keterampilan Dan Motivasi Berwirausaha Pada Santri. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 47–57. https://doi.org/10.21154/maalim.v1i01.2188
Ardhianzah, R. (2022). Management of Production and Services Units in Improving Students ’ Skills and the Absorption of Graduates : An Analysis on Welding Expertise Competency. Belantika Pendidikan, 5(20), 99–107.
Badan Pusat Statistik. (2022). Pengusaha di Indonesia Paling Banyak Lulusan SMA. Bps.Go.Id, 2022.
Budiyanto, A. T. (2022). Pengaruh Kreativitas, Motivasi Dan Kemampuan Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Pada UMKM Makanan Di Jota Magelang).
Chentia, Syahrial, Yusriani, Hasan, Musyaffa, Miftahus, Soni, & Tuti. (2021). Metodologi penelitian pendidikan. In U. Khasanah (Ed.), Pustaka Ramadhan (1st ed.). Tahta Media. http://repository.uncp.ac.id/22/1/2. Buku-Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika.pdf
Dharmawati, D. M. (2016). Kewirausahaan. PT RajaGrafindo Persada.
Evawati, D. (2017). Penerapan sikap dan perilaku hygiene sanitasi, penguasaan sarana praktik, hasil pembelajaran kewirausahaan, dalam kegiatan praktik unit produksi terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMK Pariwisata Program Keahlian Jasa Boga di Kota Surabaya.
Fiftianasari, D. (2018). Manajemen Unit Produksi Boga Sebagai Sumber Belajar Siswa Di SMK Negeri 3 Magelang. Photosynthetica, 2(1), 1–13. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht
Firdaus, R. F., Kusumah, I. H., & Sulaeman, S. (2018). Kontribusi Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Peserta Didik Dalam Berwirausaha. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 99. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i1.12626
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS) Dilengkapi Software Smartpls 3.0 XIstat 2014 dan WarpPLS 4.0 (4th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermawan, R. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kreativitas Dikaitkan Dengan Minat Berwirausaha Peserta Pelatihan di PPKD Jakarta Barat.
Hidayatulla, A. P., & Iffan, M. (2021). Pengaruh Keterampilan Kewirausahaan Dan Karakteristik Individu Terhadap Keberhasilan Usaha ( Survei Pada Industri Genteng Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka ). Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 1(1), 73–83. https://doi.org/10.34010/jemba.v1i1.5021
Idkhan, A. M., Irfan, A. M., & Amiruddin. (2020). The impact of industrial work practices on students entrepreneurship interests. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 3367–3372.
Inonu, S. H. (2022). Hubungan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa. Jurnal Economic Edu, 3(1), 6–11.
Jimmy, P. (2020). Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Berwirausaha Siswa Kelas X Tata Niaga SMK N 1 Kota Jambi. 1–8. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10787%0A
Kamdi, W., & Mulya Dewi, D. (2019). The Effectiveness of Industrial Work Practice in Preparing the Capabilities of Students to Enter the Business, Industrial World (DUDI) and Industrial Revolution 4.0. Social Science, Education and Humanities Research, 242(Icovet 2018), 95–99. https://doi.org/10.2991/icovet-18.2019.24
Kapur, R. (2019). Understanding the Meaning and Significance of Formal Education.
Kemendikbud. (2019). Mendikbud Dorong Siswa SMK Jadi Wirausaha di Era Industri 4.0. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/03/mendikbud-dorong-siswa-smk-jadi-wirausaha-di-era-industri-40
Lubis, P. K. D. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Keterampilan Berwirausaha Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. NIAGAWAN, 7(2).
Manalu, O. R. (2019). The Influence of Entrepreneurship Education and Business Motivation On Entrepreneurial Skills Students In PPMB Facukty Of Economic State University Jakarta.
Marvel, M. R., Davis, J. L., & Sproul, C. R. (2016). Human Capital and Entrepreneurship Research: A Critical Review and Future Directions. Entrepreneurship: Theory and Practice, 40(3), 599–626. https://doi.org/10.1111/etap.12136
McLarty, R. (2005). Entrepreneurship among graduates: Towards a measured response. Journal of Management Development, 24, 223–238. https://doi.org/10.1108/02621710510584044
Mehmood, M. S., Jian, Z., & Akram, U. (2020). Be so creative they can’t ignore you! How can entrepreneurial leader enhance the employee creativity? Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100721
Nugrahanto, R. P. (2016). Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK N 1 Kebumen Tahun 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(1), 23–29.
Prasela, T. A., Murtini, W., & Ninghardjanti, P. (2022). Pengaruh Motivasi dan Gaya Belajar terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Pogalan. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 6(1). https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Prasetyo, Y. D., Tiwan, T., & Soemowidagdo, A. L. (2018). Pengaruh Praktik Industri Terhadap Hard Skill Siswa SMK pada Program Keahlian Teknik Pemesinan. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 3(2), 87–93. https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i2.21404
Prayoga, R. W., & Fadjar, N. S. (2021). Determinan Berwirausaha Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Volume 10(1), hlm. 2.
Rachmawati, P. S., Baedhowi, & Totalia, S. A. (2018). Pengaruh Praktik Kerja di Unit Produksi dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja pada Siswa Kelas XI di SMK N 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 1–16. https://jurnal.uns.ac.id/bise
Rahimi, S., & Shute, V. J. (2021). First inspire, then instruct to improve students’ creativity. In Computers & Education (Vol. 174). https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131521001895
Rince, I. (2019). Pengaruh Sikap Kewirausahaan Dan Praktik Kerja Industri Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa Kelas XII Tata Niaga Di SMK Negeri 1 Kota Jambi. 101–102.
Rizki, N. A., Suyadi, B., & Sedyati, R. N. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Kemampuan Penguasaan Hardskill Siswa Kelas Xi Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Smk Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 89. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6452
Rusdiana, H. A. (2018). Kewirausahaan Teori dan Praktik (T. R. P. Setia (ed.); 1st ed.). CV Pustaka Setia.
Rusnani. (2012). Sekolah Menengah Kejuruan Negeri The Implementation Of The Production / Service Unit In Public Vocational High Schools Of The Business. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 338–354.
Sari, I. (2022). Peran Kewirausahaan Dalam Pertumbuhan Ekonomi.
Sari, R., & Hasanah, M. (2022). Pendidikan Kewirausahaan (N. Huda (ed.); Revisi 1). K-Media.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. In Leadership & Organization Development Journal (7th ed.). Wiley. https://doi.org/10.1108/lodj-06-2013-0079
Siviani, R., Zubainur, C. M., & Subianto, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 27–39. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10125
Suardani, L., Natajaya, I. N., & Arya Sunu, I. G. K. (2019). Kontribusi Praktik Kerja Industri (Prakerin), Disiplin Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Tata Graha Siswa Kelas XII Jurusan Perhotelan di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2785
Sugiyem, & Risqiyah, F. (2018). The Effect Of The Learning Outcomes Of The Fieldwork Practice On The Entrepreneurial Motivation In The Fashion Sector Among Students Of Fashion Design Department, SMKN 4 Yogyakarta. Pendidikan Teknik Busana UNY, 41(3), 1–10.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); Cet 2). Alfabeta.
Unger, J. M., Rauch, A., Frese, M., & Rosenbusch, N. (2011). Human capital and entrepreneurial success: A meta-analytical review. Journal of Business Venturing, 26(3), 341–358. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2009.09.004
Wahyuni, F. E. (2022). Pengaruh Kreativitas, Pengetahuan, Dan Motivasi Terhadap Inovasi Karyawan. Ilmu Manajemen, 10, 98–109. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/download/16417/7592
Yamada, S., & Otchia, C. S. (2021). Perception gaps on employable skills between technical and vocational education and training (TVET) teachers and students: the case of the garment sector in Ethiopia. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 11(1), 199–213. https://doi.org/10.1108/HESWBL-08-2019-0105
Yuliansah. (2019). Efektivitas Unit Produksi Dalam Meningkatkan Motivasi. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, XVI(1), 1–10.
Zubaidah, S. (2018). " Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya , karena mereka hidup di zaman mereka , bukan pada zamanmu . Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya , sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian ". April, 1–25.
Article Statistic
Abstract view : 258 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 143 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Eka Fitriani, M Fathur Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.