PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN KARISMATIK DAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SEKOLAH TUGU IBU DEPOK
Abstract
Melalui observasi di lapangan, ditemukan permasalahan terkait penurunan disiplin kerja guru. Berdasarkan fakta tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penurunan disiplin kerja guru adakah dipengaruhi oleh variabel persepsi kepemimpinan karismatik dan motivasi kepala sekolah. Metode pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 responden guru secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kepemimpinan karismatik tidak berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja guru, motivasi kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap disilpin kerja guru. Sedangkan secara simultan persepsi kepemimpinan karismatik dan motivasi kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja guru. Kebaruan yang diperoleh dari riset ini adalah apabila kepemimpinan karismatik hanya sekedar persepsi dari bawahan maka tidak akan mendorong disiplin kerja guru. Namun kedisiplinan guru akan dapat dipengaruhi oleh motivasi kepala sekolah yang mampu menjalankan kepemimpinan karismatik yang sebenarnya
Keywords
References
Dewi, R., & Khotimah, S. (2020). Pengaruh Profesionalisme dan Disiplin Kerja Guru terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. ELEMENTARY, Islamic Teacher Journal, Vol 8 No 2, 279-293.
Dwapastety, E., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Hubungan Gaya Kepemimpinan Karismatik terhadap Motivasi Kerja Guru. Edukatif, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3, No 5, 3000-3006.
Fahmi, A. (2020). Efektifitas Kerja Kepala Sekolah dengan Gaya Kepemimpinan Kharismatik. VISIONARY, Vol 10 No 2, 32-36.
Fauzia, A. (2019). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: UISU Press.
Hafidulloh, Iradawaty, S. N., & Mochklas, M. (2021). Manajemen Guru : Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru. Yogyakarta: Penerbit Bintang Pustaka Madani.
Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol 3, N0 2, 264-277.
Holilah, L., Fatmasari, R., & Rosita, T. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Karismatik Dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Disiplin Kerja Guru. AKSARA : Jurnal Ilmu Pendidikan NonFormal, Vol 7 (2), 563-576.
Hutahean, W. S. (2021). Pengantar Kepemimpinan. Malang: Penerbit Ahlimedia Press.
Minsih, Rusnilawati, & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah Berkualitas di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol 6 No 1, 29-40.
Nasution, L., & Ichsan., R. N. (2020, Vol 5 No 2). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 78-86.
Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 1, 7-14.
Praire, P. (2015). Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Afabeta Press.
Rizkianto, A. (2020). Kepemimpinan Karismatik H.O.S Tjokroaminoto di Sarekat Islam. Inteleksia, Jurnal Pengembangan iImu Dakwah, Vol 2, No 1, 55-80.
Saipuddin. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Karismatik, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMK TI Al-Madani Pontianak. Jurnal Manajemen Update, Vol 5, No 4.
Samino. (2014). Kepemimpinan Pendidikan. Surakarta: UMS Press.
Setiawan, R. (2014). Hubungan Kepemimpinan Karismatik, Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional Dengan Kinerja Bawahan. JEBA, Jurnal ekonomi dan Bisnis Airlangga, Vol 24, No 3, 198-205.
Tahir, A. (2014). Buku Ajar Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Talib, D., Fitriana, D., Anou, E., Maisyaroh, & Sumarsono, R. B. (2019). Atribusi Bawahan terhadap Pemimpin Berkarisma. TARBAWI, Vol 5, No 2, 205-2016
Article Statistic
Abstract view : 206 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 111 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lindiawatie - Lindiawatie, Sifah - Fauziah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.