PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCAFFOLDINGTERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 15 PALEMBANG
Abstract
Abstract: This study aims to determine whether there is a difference in the effect of applying scaffolding approach (scaffolding) with a teacher-centered learning approach to student learning motivation on economic subjects in SMA Negeri 15 Palembang. Hypothesis of this research is There is difference of influence of applying of scaffolding approach (scaffolding) with teacher-centered approach to student's learning motivation on economic subject at SMA Negeri 15 Palembang. Population in this research is all of student of X class of even semester at SMA Negeri 15 Palembang in academic year 2011/2012 with 363 people, while the sample is class X.8 and X.9 which is 82 people. The sample is obtained by using cluster sampling technique which after drawing got class X.8 as experiment class counted 41 student and class X.9 as control class counted 41 student. Data collection techniques used were questionnaires and observations. Questionnaires are used to determine students' attitudes after applying scaffolding learning approaches and after applying teacher-centered approaches. Observation is used to determine the level of student activeness during the learning process takes place in the classroom. Data analysis techniques used with the t-test formula previously performed normality test and homogeneity test data. Based on data analysis, t = 19,62 and ttable = 1,993 thus Ha proposed accepted that there is difference of influence of applying scaffolding approach (scaffolding) with teacher-centered learning approach to student's learning motivation on economics subject at SMA Negeri 15 Palembang.
Abstrak : Penelitian ini bertujuannya untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran scaffolding (perancah)dengan pendekatan pembelajaran berpusat pada guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Hipotesis dari penelitian ini yaitu Ada perbedaan pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran scaffolding (perancah)dengan pendekatan berpusat pada guruterhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester genap di SMA Negeri 15 Palembang pada tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 363 orang, sedangkan sampelnya yaitu kelas X.8 dan X.9 yang berjumlah 82 orang. Sampel tersebut diperoleh dengan menggunakan teknik cluster sampling yang setelah diundi didapat kelas X.8 sebagai kelas eksperimen sebanyak 41 orang siswa dan kelas X.9 sebagai kelas kontrol sebanyak 41 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Angket digunakan untuk mengetahui sikap siswa setelah penerapan pendekatan pembelajaran scaffolding dan setelah penerapan pendekatan berpusat pada guru. Observasi digunakan untuk mengrtahui tingkat keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung didalam kelas. Teknik analisis data digunakan dengan rumus uji-t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas data. Berdasarkan analisa data yang dilakukan didapat thitung = 19,62 dan ttabel =1,993 dengan demikian Ha yang diajukan diterima bahwa ada perbedaan pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran scaffolding (perancah) dengan pendekatan pembelajaran berpusat pada guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang.Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajran. Bandung: Refika Aditama.
Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Mamin, Ratnawati. 2008. “Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur”. Jurnal Chemica Vol 10: 55-60. Diakses tanggal 2 Maret 2012
Muijs Daniel dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Pribadi, Benny. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumiati dan Asra.2007. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana prima.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, Made.2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Yamin, Martinis. 2011. Paragdima Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Article Statistic
Abstract view : 870 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 5233 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Putri Fadilla, Dewi Koryati, djumadiono .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.