PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MODEL PERMAINAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Ade Erma Suryani(1*), Muhammad Djahir Basir(2), Rusmin AR(3)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v1i1.5526

Abstract

Abstract: This research is research development that aims to produce a multimedia computer-based learning model is a valid game, practical, and to know the effectiveness of the use of multimedia generatedresults student learning. The model used is the development model of Rowntree which consists of three stages, namely the planning phase, the development phase and the phase of evaluation that have been modified with a formative evaluation Tessmer. To view the validity, researchers using sheets of validation performed on the stage of the assessment of the experts with the results averaged – averaged assessment 78% of media experts with a Good category and averaged – averaged expert assessment material of 92% with Excellent category . To see the practicalities, performed on the stage of test one results through interviews with a percentage of 85% and a small group using a detailed questionnaire sheet with the median results – averages 90% of student responses by category. As for seeing the effectiveness of performed on stage with a test using the test results of the study early (Pre – test) and tests the results of the study end (Posttest). Field Test in this research was conducted in the laboratory of Computer2 SMA Muhammadiyah Palembang with 1 number of students as many as 26 people and percentage complete value enhancement resultsof 53.9% and the total average  average value of the mastery of 88.5% has passing criteria of classical criteria of 85%, so the use of the resulting categories include Multimedia effectively. The results showed that the multimedia computer-based learning model the resulting game was valid, practical and effective on Economic subjects and can be used as an alternative in the learning process.

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis komputer model permainan yang valid, praktis, dan mengetahui efektifitas penggunaan multimedia yang dihasilkan terhadap hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi yang telah dimodifikasi dengan evaluasi formatif Tessmer. Untuk melihat validitas, peneliti menggunakan lembar validasi yang dilakukan pada tahap penilaian para ahli dengan hasil  rata – rata penilaian ahli media sebesar 78% dengan kategori Baik  dan rata – rata penilaian ahli materi sebesar 92% dengan kategori Sangat Baik. Untuk melihat praktikalitas, dilakukan pada tahap uji  satu satumelalui wawancara dengan hasil persentase sebesar 85% dan kelompok kecil menggunakan lembar kuisioner dengan hasil rata – rata tanggapan siswa sebesar 90% dengan kategori Sangat Baik. Sedangkan untuk melihat efektifitas dilakukan pada tahap uji luas dengan menggunakan tes hasil belajar  awal dan tes hasil belajar akhir. Field Test dalam penelitian ini dilakukan di Laboratorium Komputer 2 SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 26 Orang dan hasil persentase peningkatan nilai tuntas sebesar 53,9% serta total rata – rata nilai yang tuntas sebesar 88,5% telah melewati kriteria ketuntasan klasikal sebesar 85%, sehingga penggunaan Multimedia yang dihasilkan termasuk kategori efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis komputer model permainan yang dihasilkan telah valid, praktis serta efektif pada mata pelajaran Ekonomi dan dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran

Keywords


Penelitian pengembangan, multimedia, pembelajaran berbasis komputer model permainan

References


Arsyad, Azhar. 2003. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arifin, Zainal dan Adhi setiawan. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran ‘Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2003. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Heriyanto, Trisno. 2009. Game Online di Indonesia Makin Subur, (Online), (http://www.detikinet.com/read/2009/02/06/ 093617/1080445/654/game-online-di-indonesia-makin-subur, diakses pada tanggal 19 Februari 2013).

Ismaya, Sujana dan Sigit Winarno. 2006. Kamus Akuntansi. Bandung: Pustaka Grafika.

Mulyadi, Ahmad Wisnu. 2012. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif CAI Model Instructional Games Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal. Bandung: Pendidikan Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

________. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran ‘Mengembangkan Profesionalisme Guru’. Jakarta: Rajawali Pers.

______. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung : Alfabeta.

______, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru : Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran ‘Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen’.Yogyakarta: Peneebit Kaukaba.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Sukirno, Sadono. 2008. Mikro Ekonomi ‘Teori Pengantar’. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2006. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung : Alfabeta.

________. 2011. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung : Alfabeta.

Warsita, Bambang. 2008. ‘Teknologi Pembelajaran Landasan dan aplikasinya’. Jakarta: Rineka Cipta.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Zulkardi. 2008. Development Researh (Riset Pengembangan). http://zulkardi.wordpress.com/2008/01/. diunduh tanggal 02 April 2013


Article Statistic

Abstract view : 1971 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 4501 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ade Erma Suryani, Muhammad Djahir Basir, Rusmin AR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.