PENGARUH BIAYA PENDIDIKAN DAN FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PESERTA DIDIK SMA BUKIT ASAM TANJUNG ENIM
Abstract
Abstract: The problems of this reasearch are (1) whether there is influence to the educating cost on the learning outcomes of economics lesson learners, (2) whether there is influence to the educational facilities on economics subjects learners, and (3) whether there is influence of both on the learning outcomes of the students of economics subjects. The population of this research is the students of class X SMA Bukit Asam Tanjung Enim, comprising 171 students. It uses the Kerjcie Table sothat 118 samples are obtained. The tecnique of data collection uses the methods of documentation, observation and questionnaires. This documentation is used to see the learning result of students, observation used to know the facilities owned by the schools, and distribution of questionnaires to determine the effects the cost of education and educational facilities on learning outcomes. The results of reasearch showed that (1) there is influence caused by the cost of education on learning outcomes of economics subjects in high school learners Bukit Asam. from the calculations, it is obtained that the F count> F table atau75,97> 3.92, (2) there is significant influence of educational facilities to the learning outcome, and proved from the calculations : the F count> F table or 59.09> 3.92, and (3) there is simultaneous influence of both the cost of education and educational facilities to the learning outcomes, as indicated by the following calculations, the F count> F table, or 49.174> 3.92.
Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) apakah ada pengaruh biaya pendidikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik (2) apakah ada pengaruh fasilitas pendidikan terhadp hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik (3) apakah ada pengaruh biaya pendidikan dan fasilitas pendidikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik. Populasi penelitian ini adalah kelas X di SMA Bukit Asam Tanjung Enim yang berjumlah 171 peserta didik. Sampel menggunakan table kerjcie sehingga di peroleh 118 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan angket. Dokumentasi untuk melihat Hasil belajar peserta didik, observasi untuk melihat fasilitas yang di miliki sekolah, dan penyebaran angket untuk mengetahui pengaruh biaya pendidikan dan fasilitas pendidikan terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh biaya pendidikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik di SMA Bukit Asam. terlihat dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung > Ftabel atau75,97 > 3,92 , (2) ada pengaruh yang signifikan fasilitas pendidikan terhadap hasil belajar terbukti dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung > Ftabel atau atau 59,09 > 3,92, (3) ada pengaruh yang simultan atau bersama biaya pendidikan dan fasilitas pendidikan terhadap hasil belajar terbukti dari hasil perhitungan diperoleh F hitung > F tabel , atau 49,174 > 3,92Keywords
References
Anwar, I. M. (1990).Transformasi biaya pendidikan dalam layanan pendidikan pada perguruan tinggi (profit tenaga edukatif dalam layanan proses belajar mengajar studi kasus pada IKIP Bandung).
Arikunto, Ibrahim. 2009. Manajemen Pendidikan.Yogyakarta: Aditya Media dan FIP, UNY.
Bafadal, Ibrahim. 2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Barnawi, M. Arifin. 2012. Manajemen Saran dan Prasarana Sekolah. Yoyakarta: Arus Media.
Depdiknas. 2007.Pendidikan dan Pelatihan: Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Persekolahan Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral PMPTK, Depdiknas.
Dimyati dan Midjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fattah, Nanang dan Ali, Muhammad. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Universitas Terbuka. Jakarta.
Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Deskriptif. Jakarta: Bumi aksara.
Ghozali, Abbas. 2006. Analisis biaya pendidikan: Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Gunawan, Ary H. 2002. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: Bumi aksara.
Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE- UGM
Indrianto dan Sopono. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Fajar Harapan
Jalal, F. Dan Supriadi, D., eds. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicitra Karya Nusa.
Mulyono, MA. 2009. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media,
Musfiqoon, M. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Tu’u, Tulus. 2003. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Article Statistic
Abstract view : 1483 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 3518 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jaka Setiawan, Riswan Jaenudin, Siti Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.