PENGARUH MEDIA WORDPRESS BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG

Nia Kurnia, Dewi Koryati, Rusmin AR

Abstract


Abstract: This study is intended to look at the differences in the influence of wordpress blog media with SlideShare media on the students’ learning outcomes on economics subjects at SMAN 6 Palembang. It uses  is a  “Quasi-experimental method” in the form of “Nonequivalent control group design. The study population were students of class X IIS SMA Negeri 6 Palembang of the odd semester of academic year 2014/2015 consisting of four classes, namely X IIS.1, X IIS.2, X IIS. 3, and X IIS.4 the number of 107 learners. Sampling technique using cluster random sampling and obtained two classes of class X IIS.1 as an experimental class numbering 26 students and X IIS 2 as the control class numbering 27 students. The test is used to collect data on learning outcomes before and after the use of media and media SlideShare wordpress blog. For mengalisis used t-test with significance level (? = 0.05). T test results showed that the value of t = 3.03, while table = 1.99, meaning in this study Ha accepted. Based on these results, it is suggested media wordpress blog can be used as a medium of learning by teachers to improve student learning outcomes. To overcome the disadvantages of the application of the media when it is difficult to connect to the Internet, it must open a wordpress blog through a database owned laptop in offline.

Abstrak: Penelitian ini untuk melihat perbedaan pengaruh media wordpress blog dengan media slideshare terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang”. Metode yang digunakan Quasi eksperimental design dengan bentuk Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X IIS  SMA Negeri 6 Palembang semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas yaitu X IIS.1, X IIS.2, X IIS. 3, dan X IIS.4 dengan jumlah 107 peserta didik. Teknik pengambil sampel menggunakan cluster random sampling dan didapat dua kelas yaitu kelas X IIS.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan X IIS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Tes digunakan untuk mengumpulkan data mengenai hasil belajar sebelum dan setelah pengunaan media wordpress blog dan media slideshare. Untuk mengalisis digunakan uji-t dengan taraf signifikan (? = 0,05). Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,03 sedangkan ttabel = 1,99, berarti pada penelitian ini Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, maka disarankan media wordpress blog dapat dijadikan media pembelajaran oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi kelemahan penerapan media ketika sulit terkoneksi ke jaringan internet, maka harus membuka wordpress blog melalui database yang dimiliki didalam laptop secara offline

Keywords


WordpressBlog, Hasil Belajar

References


Ali, Muhammad. 2004. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: SinarBaruAglesindo.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Andi. 2013. Guru Go Blog: Pemanfaatan Blog: untuk Media Pembelajaran Alternatif. Yogyakarta: Wahanakomputer.

Arifin, Zainal dan Adhi Setiawan. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif Dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Dalam Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Arsyad, Azhar.2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Grasindo

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Intraksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar.2007. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksera.

Hamdan, Dzikri. 2013. Buku Sakti Wordpress. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Junadi, Apri. 2010. Modul Pembelajaran Wordpress dan Joomla. Bandung: Modula

Kuntandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran : Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Prasojo dan Riyanto.2011.Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Purnastuti, Losina dan Mustikalawati, Indah Rr. 2007.Ekonomi untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: PT. Grasindo

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Risadkk. 2013. Panduan Praktis Membuat Blog. Jakarta: PustakaMakmur.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KaukabaDipantara.

Setyaningrum, Yanur dan Husamah. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Sjariani, Ririn. 2011. Web 2.0: Panduan Bagi Para Pendidik. Jakarta: PT Indeks.

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: SinarBaruAlgesindo

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v2i1.5533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter