PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS

Nila Utami, Muhammad Djahir Basir, Fitriyanti .

Abstract


Abstract: The research problem is that whether there is difference in the effect of the application of PAIKEM GEMBROT Learning Model to the students’ learning Motivation on Social science Subject  at SMP Negeri 45 Palembang. The population takes all students of class VIII SMP Negeri 45 Palembang. By using the Cluster Random Sampling, the students of class VII.4 are selected  as the experiment class and  class VII.5 as the control class. Data analysis technique used is the t-test invitation significant level (? = 0.05). Based on the data analysis, it obtained t count equal to 6.62 and 1.99 t table so the hypothesis proposed in this study may be accepted, that there are differences in the effect of the application of learning models PAIKEM GEMBROT with thematic learning model to the motivation of learners in the social science studies. It is therefore advisable for teachers to use learning model PAIKEM GEMBROT as an alternative learning in increasing the motivation of learners.

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian adalah adakah perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran PAIKEM Gembrot dengan model pembelajaran tematik terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 45 Palembang. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 45 Palembang. Pengambilan sampel secara Cluster Random Sampling sehingga terpilih kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dangan taraf signifikan (?=0,05). Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh t hitung sebesar 6,62 dan t tabel sebesar 1,99 dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima, bahwa ada perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran PAIKEM Gembrot dengan model pembelajaran tematik terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran PAIKEM Gembrot sebagai alternatif pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Keywords


Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot, Motivasi Belajar

References


Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri. 2011a. PAIKEM GEMBROT: Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot (Sebuah Analisis Teoritis, Konsteptual, dan Praktik). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

----------------. 2011b. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.

Indrawati. 2009. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar Untuk Guru SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pusat Kurikulum. 2006. Panduan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grasindo.

Sa’ud dan Resmini, N. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung: UPI Press.

Subroto, Trisno Hadi dan Ida Siti Herawati. 2003. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Sulhan, Najib. 2010. Pembangunan Karakter Pada Anak Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah efektif. Surabaya: Surabaya Intelektual Club.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Pustaka Yustisia. 2008. Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) SD/MI, SMP dan SMA/SMK. Yogyakarta: PT.Pustaka Yustisia.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

----------------. 2010. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

----------------. 2011. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v2i1.5536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter