• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS | Utami | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS

    Nila Utami(1*), Muhammad Djahir Basir(2), Fitriyanti .(3)
    (1) 
    (2) 
    (3) 
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v2i1.5536

    Abstract

    Abstract: The research problem is that whether there is difference in the effect of the application of PAIKEM GEMBROT Learning Model to the students’ learning Motivation on Social science Subject  at SMP Negeri 45 Palembang. The population takes all students of class VIII SMP Negeri 45 Palembang. By using the Cluster Random Sampling, the students of class VII.4 are selected  as the experiment class and  class VII.5 as the control class. Data analysis technique used is the t-test invitation significant level (? = 0.05). Based on the data analysis, it obtained t count equal to 6.62 and 1.99 t table so the hypothesis proposed in this study may be accepted, that there are differences in the effect of the application of learning models PAIKEM GEMBROT with thematic learning model to the motivation of learners in the social science studies. It is therefore advisable for teachers to use learning model PAIKEM GEMBROT as an alternative learning in increasing the motivation of learners.

    Abstrak: Permasalahan dalam penelitian adalah adakah perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran PAIKEM Gembrot dengan model pembelajaran tematik terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 45 Palembang. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 45 Palembang. Pengambilan sampel secara Cluster Random Sampling sehingga terpilih kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dangan taraf signifikan (?=0,05). Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh t hitung sebesar 6,62 dan t tabel sebesar 1,99 dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima, bahwa ada perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran PAIKEM Gembrot dengan model pembelajaran tematik terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran PAIKEM Gembrot sebagai alternatif pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

    Keywords


    Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot, Motivasi Belajar

    References


    Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri. 2011a. PAIKEM GEMBROT: Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot (Sebuah Analisis Teoritis, Konsteptual, dan Praktik). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

    ----------------. 2011b. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.

    Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

    Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.

    Indrawati. 2009. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar Untuk Guru SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

    Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

    Pusat Kurikulum. 2006. Panduan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

    Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

    Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grasindo.

    Sa’ud dan Resmini, N. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung: UPI Press.

    Subroto, Trisno Hadi dan Ida Siti Herawati. 2003. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

    Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

    Sulhan, Najib. 2010. Pembangunan Karakter Pada Anak Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah efektif. Surabaya: Surabaya Intelektual Club.

    Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

    Tim Pustaka Yustisia. 2008. Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) SD/MI, SMP dan SMA/SMK. Yogyakarta: PT.Pustaka Yustisia.

    Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

    ----------------. 2010. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

    ----------------. 2011. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

    Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional


    Article Statistic

    Abstract view : 1329 times
    PDF (Bahasa Indonesia) views : 12613 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Nila Utami, Muhammad Djahir Basir, Fitriyanti .

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.